MENDESAIN VIDEO YANG MENARIK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI ERA NEW NORMAL

Riki Rikarno, Romi Maimori, Tri Yuliani

Abstract


Video-video pembelajaran telah banyak diciptakan, baik oleh pendidik maupun perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang Pendidikan, dari sekian banyak video pembelajaran yang tersebar melalui media-media social untuk video pembelajaran membaca Al-Qur’an bisa dikatakan persentasi sangat sedikit. Untuk itu penulis yang berada pada instansi Pendidikan Islam, mempunyai keinginan untuk menjabarkan rancang sebuah video pembelajaran memabaca Al-Qur’an yang menarik sehingga nantinya bisa disebarluaskan melalui media-media social, nantinya guru-guru di sekolah ataupun di tempat Pendidikan Al-Quran dapat membuat video pembelajaran sendiri menggunakan alat-alat sederhana untuk pencapaian pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran di era new normal saat ini. Video pembelajaran membaca Al-Qur’an adalah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran membaca Al-Qur’an. Video merupakan bahan pembelajaran tampak dengar (audio visual) yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan/materi pelajaran. video pembelajaran dapat digolongkan kedalam jenis media audio visual aids (AVA) atau media yang dapat dilihat dan didengar. Biasanya media ini disimpan dalam bentuk data. Bagi seorang pendidik dapat menggunakan media pembelajaran membaca Al-Quran sehingga siswa lebih antusias dalam mengikuti pelajaran yang disampaikan sehingga motivasi belajar jadi lebih meningkat. Video pembelajaran ini tidak hanya pada pelajaran membaca Al-Quran saja dapat diproduksi tetapi untuk seluruh materi dapat dibuat sesuai dengan bantuk materinya.

Full Text:

PDF

References


Alessi & Trollip. Stephen M. Alessi & Stanley R. Trollip. (2001). Multimedia for Learning Method And Development. Massachusetts: Alin and Bacon. Al Qur’an QS Fathir. Abgkowo R dan Kosasih. 2007. Rangkuman Buku Optimalisasi media Pembelajaran. (Online) Tersedia:http://neoznk.blog Arsyad. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Cheppy Riyana. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI Daryanto. (2010). Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. Gunawan. 2019. Pelatihan Pembelajaran Membaca Alquran Dan Kenal Huruf Alquran Bagi Para Driver Ojek Online Ghost Riders Family Medan. Jurnal Penelitian Medan Agama UINSU, Vol 10 No 1 Haryanto dan Bagas Friana. 2018. Aplikasi Permainan Edukatif Mengaji Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal

BESAUNG

JURNAL SENI DESAIN DAN BUDAYA VOLUME 6 No.2 SEPTEMBER 2021

ISSN PRINT : 2502-8626

ISSN ONLINE : 2549-4074

disiplin ilmu Teknik Informatika pada Isntitusi UNIS JUTIS, Vol. 6 No.1 Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2007). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai . (2010). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung : Sinar Baru Algensindo Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.