PEMANFAATAN VIDEO CONFERENCE PADA PEMBELAJARAN SENI TARI KREASI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Amelia Maharani, Nofroza Yelli, Rio Eka Putra

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pemanfaatan video conference pada pembelajaran seni tari kreasi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang, dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran tari kreasi menggunakan video conference siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Manfaat penelitian ini untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman pembelajar an khususnya tentang seni tari kreasi melalui  pemanfaatan video conference yang diberikan oleh pendidik kepada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah pengumpulan data dilakukan maka dapat hasil penelitian dan pembahasan yang mana dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan video conference dalam Pembelajaran tari kreasi ini sangat membantu proses pembelajaran jarak jauh. Pada penelitian ini, proses pembelajaran tari kreasi berjalan dengan baik, yang dapat dilihat dari uraian pelaksanaan pembelajaran hingga evaluasi, wawancara dengan guru dan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang, serta dokumentasi terkait hasil evaluasi yang dilakukan guru kepada siswa terkait materi yang telah diberikan menggunakan video conference.


Full Text:

PDF

References


Gunawan, I. (2016 : 210). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta : Bumi Aksara.

Handarini, O. I. (2020 : 5). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP).

Hartono. (2016 : 9). Teknik Analisis Pembelajaran Tari. Yogyakarta: Lontar Mediatama.

Henderina, F. (2019 : 2). Memperkenalkan tari koa kiko melalui metode meniru dan drill bagi pemuda-pemudi GMIT hosana sungkaen klasis kupang tengah tahun 2019.

Kamhar, M. Y. (2019 : 2). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa. INTELIGENSI Jurnal Ilmu Pendidikan.

Kistanto, N. H. (2017 : 4). Tentang Konsep Kebudayaan. Sabda.

Kurnia, A. D. (2018, Juli 24). gelorasriwijaya. Diambil kembali dari https://gelorasriwijaya.

Kustandi, C. (2020 : 1). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Divisi Prenadamedia Group.

Kusumastuti, E. (2016 : 9). Penerapan model pembelajaran seni tari terpadu pada siswa sekolah dasar. Mimbar Sekolah Dasar.

Laksana, R. B. (2017 : 1). Pengetahuan Dasar Kesenian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Monica, J. (2020 : 3). Efektivitas Penggunaan Aplikasi ZoomSebagai Media Pembelajaran OnlinePada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Communio,.

Neolaka, A. (2020 : 1). Buku Landasan Pendidikan. Jakarta.

Pane, A. (2017 : 5). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman.

Pohan, A. E. (2020 : 2). Konsep Pembelajaran Daring. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.

Putra, R. E. (2020 : 8). Rase Tak Serupe Musik Melayu Tradisi Dengan Pengembangan Musik. Sitakara.

Ratnayanti, R. (2019 : 4). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Tari Kreasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Siswa Tunagrahita Di Sekolah Dasar Luar Biasa. Jurnal Ortopedagogia.

Selong, H. (2015 : 5). Sistematika Penulisan Skripsi.

Soetopo, S. (2016 : 25). Belajar dan Mengajar.

Sugiyono. (2010 : 224). Metode Penelitian.

Weri, R. S. (2019 : 5). Hibriditas Lagu Pop Daerah Jambi. Melayu Arts and Perfomance.




DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.