ANALISIS SEMIOTIKA SAUSSURE PADA KARYA POSTER MAHARANI YANG BERJUDUL “SAVE CHILDREN”

Maharani Maharani, Mukhsin Patriansyah, Husni Mubarat

Abstract


Kebebasan berekspresi bagi setiap individu adalah bentuk dari pelaksanaan hak asasi manusia. Kebebasan berekspresi adalah aktualisasi atas pemikiran seseorang terhadapsuatu hal yang dapat direalisasikan dengan cara demonstrasi sebagai bentuk pengungkapannya dan dengan penuh tanggung jawab. Perancangan poster dalam menanggapi permasalahan dari kebebasan anak dalam berekspresi merupakan suatu cara ampuh untuk menyalurkan tanggapan serta pemikiran kita kepada masyarakat. Poster merupakan salah satu media komunikasi yang berkembang saat ini. Poster dipakai untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada masyarakat umumnya dicetak dan ditempatkan di ruang publik atau melalui media yang sekarang familiar yaitu media sosial. Tanda visual yang digunakan designer dalam poster ditujukan kepada masyarakat supaya masyarakat dapat mengerti pesan dan tujuan informasinya. Penggunaan tanda visual dari  poster yang mengangkat tema kebebasan anak-anak sangat menarik untuk ditelusuri, dibedah dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan semiotika. Semiotika adalah kajian ilmu mengenai tanda yang ada dalam kehidupan manusia serta makna dibalik tanda tersebut. Tanda visual yang akan diangkat untuk dianalisa dalam tulisan ini adalah sistem tanda dalam bentuk poster “Save Children” karya Maharani.


Full Text:

PDF

References


Anggasta, M. G., & Franzia, E. (2016). Analisis Semiotika Visual Pada Poster Ngayogjazz 2011-2014. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 12(2), 177. https://doi.org/10.25105/dim.v12i2.57

Bungin, B. (2008). Sosiologi Komunikasi, Teori Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. (pertama). Jakarta : Kencana.

Danesi, M. (2010). Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Marianto, M. D. (2011). Menempa Quanta Mengurai Seni (pertama). Yogyakarta : ISI Yogyakarta.

Martinet, J. (2010). Semiologi Kajian Teori Saussuran antara Semiologi Komunikas dan Semiologi Signifikasi,terjemahan Stephanus Aswar Herwinarko. Yogyakarta : Jalasutra.

Nugraha, R. P. (2016). Konstruksi Nilai-nilai Nasionalisme dalam Lirik Lagu (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure pada Lirik Lagu “Bendera”). Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 5(3), 290–303.

Patriansah, M. (2020). Poster Analysis of Public Services Advertising by Sepdianto Saputra : Study of Saussure Semiotics. Arty : Jurnal Seni Rupa, 9(3).

Patriansah, M., Yulius, Y., & Sapitri, R. (2021). Jurnal Ekspresi Seni " Communication Signs Behind Aji Windu Viatra ’ s Poster : A Saussure Semiotic Study ". 217–228.

Sobur, A. (2003). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tinarbuko, S. (2009). Semiotika Komunikasi Visual (pertama). Yogyakarta : Jalasutra.

Vera Nawiroh. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor : Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.