Metode Design Thinking Dalam Perancangan Media Promosi Kesehatan Berbasis Keilmuan Desain Komunikasi Visual

Yosef Yulius, Edo Pratama

Abstract


Media komunikasi visual telah mengalami suatu perkembangan yang pesat seiring dengan kebutuhan masyarakat akan informasi. Salah satu informasi yang sangat dibutuhkan pada saat ini adalah infromasi terkait kesehatan yang pada saat ini sering kita temui dan biasa dikenal sebagai media promosi kesehatan. Pada umumnya, media promosi kesehatan dirancang oleh seseorang yang memiliki kemampuan grafis atau desain komunikasi visual, yang secara bidang keilmuan hal ini merupakan kolaborasi dari bidang keilmuan desain komunikasi visual dengan bidang keilmuan lainnya. Media promosi kesehatan sebagai suatu buah karya desain komunikasi visual diharapkan mampu menjadi sebuah pemecah masalah dari suatu keadaan yang ditemui. Dan dalam prosesnya, metode perancangan design thinking dipakai dalam membuat perancangan tersebut. Metode desain thinking yang diangkat dalam penelitian ini adalah metode design thinking dengan lima tahap yakni Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Tahapan metode design thinking tersebut menuntut seorang perancang bisa menganalisis suatu permasalahan, menuangkan ide kreatif, bereksperimen dalam pembuatan sebuah prototipe, hingga mengumpulkan umpan balik terkait media yang dibuat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghadirkan cara berpikir desain dalam suatu perancangan yang mampu diterapkan secara tahapan per tahapan dan mudah dipahami, agar suatu karya visual bisa menjadi tepat sasaran dengan implementasi media apapun. Dengan memahami metode design thinking, seorang perancang akan lebih memahami karakteristik dan proses berkarya, sehingga karya yang tercipta dapat menjadi lebih berkualitas, inovatif, objektif, dan diterima oleh target audien.


Full Text:

PDF

References


Adrian Iwan, 2014, Langkah-Langkah Merencanakan Penggunaan Media Promosi Kesehatan Dalam Lingkup Kesehatan Reproduksi, Jurnal Unissula, Semarang

Brown, T. 2008, Design Thinking. Harvard Business Review

Doorley, S., Holcomb, S., & Klebahn, P. 2018. Design Thinking Bootleg. d.school. Stanford University: California

Hussein, AS. 2018. Metode Design thinking untuk Inovasi. Malang: UB Press

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi Offset

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku, Rineka Cipta : Jakarta.

Romli, Asep Syamsul M. 2010. Jurnalistik Praktis Pemuda. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Tinarbuko, Sumbo. 2021. Perancangan dan Pengkajian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : BP Penerbit ISI Yogyakarta.

Yulius, Yosef. 2016. Peranan Desain Komunikasi Visual Sebagai Pendukung Media Promosi Kesehatan (Besaung: Jurnal Seni, Desain, dan Budaya Vol.1 No.2). Palembang: LP2MK Universitas Indo Global Mandiri.

Sumber Internet

bp.com

helpx.adobe.com

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTWL49GEJ8rikq7bfH7u3_hw2JXgARHv4edUA&usqp=CAU

https://i1.wp.com/barriermagz.com/wp-content/uploads/2021/08/AdobeStock_267332862-1400x933-1.jpeg?resize=1068%2C712&ssl=1

https://public-images.interaction-design.org/literature/articles/heros/5808dba1829e4.jpg




DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.