PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL SAFETY RIDING BERSEPEDA DI KOTA PALEMBANG

Agustinur Adipura, Husni Mubarat, Bobby Halim

Abstract


Pada masa Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) covid-19 di Indonesia, bersepeda menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk melakukan aktivitas olahraga demi menjaga daya tahan tubuh. Meningkatnya jumlah pengguna sepeda tentu akan menimbulkan masalah baru dalam pemahaman tentang safety riding bersepeda yang baik dan benar. Masalah kedisiplinan dalam penggunaan berkendara yang aman (safety riding) lalu lintas yang buruk merupakan fenomena yang terjadi di kota-kota besar. Untuk pengetahuan tentang keselamatan berkendara yang dikenal dengan istilah Safety riding merupakan ketentuan yang harus dimiliki sebelum memulai berkendara di jalan raya. Sulitnya mencari materi tentang keselamatan berkendara sepeda yang tepat bagi masyarakat membuat masyarakat sulit memahami isi konten materi tentang keselamatan berkendara sepeda. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis membuat kampanye untuk memudahkan masyarakat dalam memahami keselamatan berkendara sepeda yang aman dan nyaman untuk diri sendiri maupun orang lain. Perancangan ini menggunakan metode pengumpulan data melaui survey dan wawancara dengan metode analisa data 5 W+1H (What, When, Who, Where, Why, How). Adapun target audiens kampanye ini adalah laki dan perempuan usia 17-30 tahun. Kampanye ini menggunakan media video edukasi tentang penerapan safety riding bersepeda sebagai media utama, perancangan ini juga menggunakan media cetak sebagai pre media dan  follow up media antara lain; jersey, helm sepeda, tumbler, katalog, x-banner dan tas serut.    Kampanye ini diharapkan dapat menumbuhkan kedisiplinan dalam berkendara khususnya pesepeda dalam berkendara di jalan raya.


Full Text:

PDF

References


Adi Kusrianto, 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual, Palembang : ANDI Yogyakarta.

Anggraini S., Lia dan Kirana Nathalia. 2014. Desain Komunikasi Visual; Dasar-Dasar Panduan untuk Pemula. Bandung : Nuansa Cendekia

Effendy, Onong Uchjana, 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Kartika, Dharsono Sony, 2007. Estetika Seni Rupa Nusantara. Bandung: Rekayasa Sains. Nursantara, Yayat.

Kriyantono. Rachmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Mulyana, Deddy, 2001. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tinarbuko, Sumbo, 2013. Semiotika Komunikasi Visual, Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Bella Vebiyanti, 2020. Perancangan Kampanye SosialPemanfaatan Kulit Pisang Sebagai Produk Makanan di Kota Palembang. Tugas Akhir. Palembang :Universitas Indo Global Mandiri.

Bramantijo, 2013. Perancangan Kampanye Sosial Tentang Penggunaan Lajur Sepeda Di Kota Surabaya. Skripsi. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Halim Bobby, 2016. Kajian Semiotika Pada Iklan Televisi OLX.co.id Bekas Jadi Berkah. Jurnal SeniDesain dan Budaya. UIGM. Palembang

Hillun Vilayl Napis, 2014. Budaya Bersepeda Sebagai Gaya Hidup Masyarakat Kota. Skripsi. Depok : Universitas Indonesia.

Fandi. Desember 2020. ”pengertian dari safety riding”. http://strezcommunitycenter.blogspot.co.id/2011/06/pengertian-safety riding.html. (diakses pada tanggal :10 Februari 2021)

Munajar Aziz, Oktober 2020. “Palembang oprasionalkan jalur sepeda”,

https://sumsel.antaranews.com/berita/504073/palembang-operasionalkan-jalur-sepeda, (di akses pada 7 Februari 2021)

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200615010417-20-513263/itdp-jumlah-pengguna-sepeda-di-jakarta-meningkat-saat-psbb.

(diakses pada tanggal :14 Februari 2021)

http://dephub.go.id/post/read/pm-59-tahun-2020-untuk-keselamatan-pesepeda

(diakses pada tanggal :20 Maret 2021)

http://infosepeda.com/jenis-jenis-sepeda-onthel/ (diakses pada tanggal :10 Februari 2021)

http://sumselantaranews.com pada tanggal 9 Januari 2021 Dinas Perhubungan Kota Palembang membuat lokasi parkir sepeda. (diakses pada tanggal :10 Februari 2021)




DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.