BENTUK PENYAJIAN MUSIK IRINGAN TARI PASAMBAHAN DI SANGGAR CARANO LEMABANG PALEMBANG

Authors

  • Enny Nurkhoiriya Universitas PGRI Palembang
  • Rio Eka Putra PGRI Palembang
  • Deria Sepdwiko PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v7i2.2468

Abstract

Penelitian ini berjudul “Bentuk Penyajian Musik Iringan Tari Pasambahan di Sanggar Carano Lemabang Palembang†masalah dalam penelitian ini ialah bagaimanakah bentuk penyajian musik iringan tari Pasambahan di Sanggar Carano Lemabang Palembang. Dari permasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan bentuk penyajian musik iringan tari pasambahan di Sanggar Carano Lemabang Palembang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitiannya adalah musik iringan tari Pasambahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi. Musik iringan tari Pasambahan di Sanggar Carano Lemabang Palembang merupakan musik yang dikresikan kembali menjadi bentuk baru yaitu musik kreasi. Hasil penelitian terkait dengan penyajian musik iringan tari Pasambahan memiliki unsur yaitu alat musik, musik yang disajikan,seniman,kostum busana, tempat dan waktu penyajian. Musik ini dimainkan oleh 6 orang dengan menggunakan alat musik sarunai, gendang, talempong, dan tasa dan modern. Menggunakan kostum beskap kuning dengan aksesoris kepala dan celana panjang hitam. Musik iringan tari ini dibagi menjadi 4 bagian yaitu himbauan, ragam 1 penari, ragam tengah, dan penutup cepat. Tempat dan waktu penyajian tari biasanya di sesuaikan dengan tempat acara diruang tertutup atau ruang terbuka.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Djelantik, A. (1999). Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni.

Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Jamalus. (1988). Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Putra, R. E. (2020 ). Rase Tak Serupe Melayu Tradisi Dengan Pengembangan Musik Modern Dalam Ruang Pertunjukan Komposisi Musik Nusantara. Jurnal Pendidikan Seni Sitakara Universitas PGRI Palembang.

Whidyatama, S. (2012). Sejarah Musik dan Apresiasi Seni. Jakarta: PT. Balai Pustaka.

Yelli, N., Heryanto, A., & Utami, A. S. (2022). Bentuk Penyajian Musik Talempong Goyang di Sanggar Carano Kota Palembang. Jurnal Sitakara Universitas PGRI Palembang.

Downloads

Published

2022-09-26

Issue

Section

Articles