EKSPLORASI BENTUK KONTRUKSI RAK PENYIMPANAN DI KANTOR ISTORA JAKARTA PUSAT

Authors

  • Maharani Ayu Bening Pratiwi Pascaasarjana ISI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v8i1.2823

Abstract

ISTORA merupakan stadion olahraga bulutangkis ditingkat dunia, hingga saat ini stadion olahraga masih digunakan turnamen setiap satu tahun sekali ditingkat dunia. Selain bangunan utama yaitu ISTORA, adanya bangunan pendukung lainnya seperti ruang ganti atlet, ruang multifungsi, ruang VIP dan ruang kantor. Ditinjau sewaktu dilapangan adanya problem terkait tempat penyimpanan berkas diarea kantor ISTORA. Selain itu kurangnya pengoptimalan interior didalam area kantor ISTORA. Fungsi kantor ISTORA selain menjadi sarana dan prasarana stadion ISTORA, juga memiliki fungsi sebagai area pertemuan maupun meeting dari pihak luar dengan kepala bagian kantor ISTORA. Adanya celah yang digunakan untuk memunculkan ataupun memperkenalkan budaya di Indonesia lewat perancangan furniture custom, yang nantinya akan diletakan diarea kantor ISTORA dan meruapakan salah satu komponen penting untuk mendukung ambience suatu interior ruangan. Fungsi furnitur sendiri selain untuk menunjang aktivitas manusia, namun bisa juga menjadi poin of interest didalam suatu ruangan dan bisa menambah nilai estetik didalam suatu ruangan. Penelitian ini akan menggunakan metode Design Thinking, dengan fokus terhadap calon pengguna desain seperti para pegawai diarea kantor ISTORA. Perancangan furniture ini berupa rak penyimpanan dengan pendekatan budaya jawa, berupa Aksara Jawa yang diterapkan pada bagian kontruksi kaki furniture.Material yang akan digunakan berupa material alam seperti, teak wood (kayu jati) dengan finishing natural yang dikombinasikan dengan besi holo finisihing cat hitam doff. Pemilihan desain yang simple juga menjadi point utama agar dapat dipadu padankan diberbagai gaya desain interior ruangan.

References

Audrey, A., Sekartaji, S., Jayadi, N., dan Prasetya, R. D. 2022. Eksplorasi Gaya De Stijl pada Living Room Furniture. Jurnal Dimensi 19(1) : 11-22.

Badriyah. S. 2018. Kursi Estetis Sebagai Penguat Citra Pada Interior Rumah Sakit. Jurnal Pendhapa 9 (1).

Haerudin, I. 2019. Kepala Pengelola Kantor ISTORA. (Peneliti, Interviewer).

Kenyowati. E. 2008. Estetik Dalam Perancangan Produk : Antara Yang Konkrit dan Yang Abstrak. Jurnal : Dimensi :81-94

Nandi. 2023. Kenali kelebihan Kayu Jati dan cara Merawatnya Agar Tetap Awet.. https://www.gramedia.com/best-seller/kelebihan-kayu-jati/. 22 Januari 2023 (09.24).

Oentoro. Kristian., O.H. Laurensius Windy., Putro. R. Tosan Tri. 2017. Pengembangan Desain Sarana Pengembalian Buku di Ruang Baca Perpustakaan Kota Yogyakarta. Jurnal Desain Produk 3(2) : 42-50.

Putra. Candra Galang Gemilang. 2021. Perancangan Produk Furniture Rak Buku “Rak Buku Multifungsi dengan Kursi dan Lampu Baca Anti Debu (RABUMU KURANG BACA)†Dengan Meetode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Teknik Industri 11(1) : 59-68.

Salsabila, P. dan Wyna, H. 2020. Perancangan Furniture Ruang Tamu Terinspirasi dari Hutan Bambu Sukolilo. Jurnal Narada 7 : 327-342.

Sholahuddin, M. 2014. Proses Perancangan Desain Mebel. Yogyakarta : Badan Penerbit ISI Yogyakarta.

Yulius, Y dan Putra, M. Edo Pratama. 2021. Metode Design Thinking Dalam Perancangan Media Promosi Kesehatan Berbasis Keilmuan Desain Komunikasi Visual. Jurnal Besaung 6(2) : 111-116.

Yunianto. Prasetyo., Winarno. Adi., Susila. Dwi Agus., Azzat. Noor Nailie. 2022. Perancangan Rak Multifungsi Ruang Tamu. Jurnal SULUH 4(2) : 105-119.

Downloads

Published

2023-03-07

Issue

Section

Articles