PEMASARAN DIGITAL UMKM MELALUI DESAIN LANDING PAGE SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN BISNIS

Authors

  • Andriyanto Andriyanto Program Studi Desain Grafis, Politeknik Negeri Jakarta
  • Rahmat Eko Pranoto Program Studi Desain Grafis, Politeknik Negeri Jakarta
  • Dwi Agnes Natalia Bangun Program Studi Desain Grafis, Politeknik Negeri Jakarta
  • Anggi Anggarini Program Studi Desain Grafis, Politeknik Negeri Jakarta
  • MRR Tiyas Maheni DK Program Studi Desain Grafis, Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v8i1.2826

Abstract

Penguatan kekuatan ekonomi melalui UMKM saat ini sangat digencarkan oleh pemerintah Indonesia. Situasi pandemi covid 19 yang terjadi sejak awal 2020 semakin mendorong peningkatan belanja digital oleh konsumen. Beragam bisnis cukup terdampak, salah satunya terjadi peningkatan penjualan untuk online market, di mana mayoritas pengisi marketplace adalah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Melalui diskusi dengan Komunitas Sahabat UMKM, ditemukan kendala lapangan yang dihadapi anggota komunitas terkait dengan transformasi bisnis mereka ke arah bisnis digital. Diantaranya adalah pengetahuan mengenai digital marketing, wawasan teknologi, dan biaya. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuannya melakukan bisnis secara digital adalah bagian dari upaya meningkatkan daya saing, daya jangkau penjualannya, kemudahan akses serta tingkat kepercayaan dengan memperluas layanan digitalnya melalui pelatihan pembuatan dan pengelolaan landing page bisnisnya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah qualitative research dengan pendekatan observasi, wawancara, data literasi sehingga dapat ditetapkan rumusan masalah yang dihadapi, kegiatan yang diperlukan untuk mengatasi persoalan hingga model pelaksanaan kegiatan. Dengan berpedoman pada teori komunikasi pemasaran, pemasaran digital dan data lapangan, diperoleh kesimpulan untuk melaksanakan pengembangan pada peningkatan kemampuan pemasaran digital bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan pelatihan pembuatan dan pengelolaan serta pembuatan desain landing page oleh mahasiswa prodi Desain Grafis yang dibimbing oleh dosen-dosen terkait. Peserta diseleksi berdasarkan kapasitas dan kesiapan bisnis masing-masing. Diharapkan hasil dari kegiatan ini mampu membantu para pelaku UMKM untuk berakselerasi dalam mengikuti perubahan ekonomi digital ini dan memperluas platform layanan bisnisnya secara efektif yang berdampak pada kualitas layanan yang berdampak loyalitas pelanggan serta peningkatan penjualan.

References

Andreya, E. (2022, October 9). 100 Pelaku Usaha Kecil Ikuti UMKM Go Online Virtual Expo 2022. Https://Aptika.Kominfo.Go.Id/2022/10/100-Pelaku-Usaha-Kecil-Ikuti-Umkm-Go-Online-Virtual-Expo-2022/.

Coviello, N., Milley, R., & Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing, 15(4), 18–33.

Meron, Y. (2021). “What’s the brief?â€: building a discourse around the graphic design brief. M/C Journal, 24(4). https://doi.org/10.5204/mcj.2797

Mth. (2021, April 28). Pemerintah Dorong Digitalisasi UMKM hingga Pemerintah Daerah. Https://Www.Kominfo.Go.Id/Content/Detail/34175/Pemerintah-Dorong-Digitalisasi-Umkm-Hingga-Pemerintah-Daerah/0/Berita.

Rowan, W. (2002). Digital Marketing : Using New Technologies to Get Closer to Your Customers. Kogan Page.

Ryan, D., & Jones, C. (2017). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation. Kogan Page Limited.

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing : Teknologi Berbiaya Murah, Inovatif, dan Berdaya Hasil Gemilang. Elex Media Komputindo.

Sasongko, D. (2020, August 24). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Https://Www.Djkn.Kemenkeu.Go.Id/Artikel/Baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.Html.

Taiminen, H., & Karjaluoto, H. (2015). The Usage of Digital Marketing Channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 633–651.

Ventures, E. (2021, August 3). Desty, Platform Solusi E-Commerce, Raih Pendanaan Pra Seri-A Senilai Rp46 Miliar. Https://East.vc/East-Ventures/Desty-Raih-Pendanaan-Pra-Seri-a-Senilai-Rp46-Miliar/.

Weber, L. (2009). Marketing to the Social Web: How Digital Customer Communities Build Your Business. Wiley.

Downloads

Published

2023-03-07

Issue

Section

Articles