Makna Media Kampanye Bagi Pemilih Pasangan Mahyeldi Dan Audy Joinaldy Pada Pilkada Sumatera Barat Tahun 2020

Authors

  • Muhammad Ilham Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia Padangpanjang
  • Rosta Minawati Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia Padangpanjang
  • Febri Yulika Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia Padangpanjang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v8i1.2827

Abstract

Penelitian ini tentang“Makna Media Kampanye Bagi Pemilih Pasangan Mahyeldi Dan Audy Joinaldy Pada Pilkada Sumatera Barat Tahun 2020â€. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media kampanye pasangan Mahyeldi dan Audy Joinaldy pada pilkada Sumatera Barat tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Data dianalisis menggunakan analisis teori desain komunikasi visual, SWOT dan teori semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, media kampanye menjadi salah satu faktor penentu dalam upaya mendapatkan raihan suara terbanyak, terutama dalam mengkomunikasikan pesan dan tujuan personal branding kepada para pemilih. Adanya logo khusus (MA) pada media kampanye sebagai personal branding kedua pasang calon menjadi daya tarik tersendiri dalam proses kampanye yang dilakukan. Logo MA (Mahyeldy Audy) selalu muncul dalam setiap media kampanye yang dipublikasikan seperti spanduk, baliho, umbul-umbul dan media kampanye lainnya; Kedua, terdapatnya bentuk media utama dan media pendukung, saling berkaitan serta konsisten bentuk media kampanye yang digunakan. Media utama seperti logo, adanya keunikan simple, sederhana, elegant, identitas minangkabau, serta menarik perhatian sedangkan media pendukung seperti baliho, umbul-umbul, spanduk saling konsisten, keseragaman, unik dari segi figure atau foto, tagine, ikon logo, tipografi, dan warna. Makna media terdapat dari segi beberapa pandangan diantaranya komunikasi politik, antropologi politik, sosiologi politik dan lainnya.

References

Agus Sachari dan Yan Yan Sunarya. 2002. Sejarah Dan Perkembangan Desain Dan Dunia Kesenirupaan Di Indonesia, Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Anggraini, Lia., dan Nathalia, Kirana. 2014. Desain Komunikasi Visual Dasar..., Bandung: Nuansa Cendekia.

Barthes, Roland. 2012. Elemen-elemen Semiologi. Jogjakarta: IRCiSod.

Budiman, Kris. 2002. Semiotika Visual. Yogyakarta: Jala Sutra.

Bulaeng, Andi, 2004. Metode Penelitian Komunikasi Kontemporer: ANDI

Bungin, B. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bungin, Burhan, 2008. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Jakarta.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1999. Semantik 2, Pemahaman Ilmu Makna. Bandung: PT Refika Aditama.

Eco, Uberto. 2009. Teori Semiotika: Signifikasi dan komunikasi. Yogyakarta: Kreasi Wacana Perum Sidorejo Bumi Indah.

Kemal, Iskandar. 2009. Pemerintahan Nagari Minangkabau dan Perkembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Keraf, G. (2002). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Koentjaraningrat. 1983. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Kepustakaan

Kusrianto, Adi. 2009. Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta: Andi

Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.

Malik, Kendal. 2016. Kapita Selekta Desain: Suatu Pengantar dalam Perkembangan dan Pengaruh Desain. : LPPMPP ISI Padangpanjang

Nafisah, Khudrotun. 2019. Pengawasan Kampanye Jombang: PISDM Bawaslu. Pragmatik). Bandung: Yrama Widya.

Rahayu, Silpia. 2014. Kajian Makna Logo dan Slogan Universitas Pendidikan Indonesia: perpustakaan.upi.ed.

Rustan, Surianto. 2013. Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia

Sobur, A. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Soewardikoen, Didit Widiatmoko. 2020. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual.: Kanisius.

Sudaryat, Yayat. 2009. Makna dalam Wacana (Prinsip-prinsip Semantik dan

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendektan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tinarbuko, Sumbo. 2003. Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual. Desain Komunikasi.Vol.5. No.1

Tinarbuko, Sumbo. 2014. Semiotika Komunikasi Visual.: Jalasutra.

Wahyuningsih, Sri 2020. Desain Komunikasi Visual: Prinsip Semiotik Untuk Desain Grafis. Yogyakarta:

Wiratma, I Made Leo dkk. Panduan Lengkap Pemilu 2019. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Yanti, Eva. 2020. Suatu Pengantar: Metode Dan Riset Desain Komunikasi Visual DKV. DIY: Peerbit Deepublish

Zed, Metika, 2004, Metode Penelitian Kepustakaan, Yayasan Obor Indonesia, IKAPI DKI Jaya

Diskografi

www.youtube.com

www.youtube.com/watch?v=YLTe0pbnc3k&t=9s

Webtografi

https://katadata.co.id/agung/berita/625538cd327a4/kampanye-adalah proses-komunikasi-ini-ciri-ciri-dan-jenisnya

https://sumbar.bawaslu.go.id/index.php/

https://sumbarppid.kpu.go.id

Downloads

Published

2023-03-07

Issue

Section

Articles