RESISTENSI PARA TOKOH PEREMPUAN DALAM FILM YUNI: KAJIAN FEMINISME KEKUASAAN

Authors

  • Daris Dzulfikar ISI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v8i1.2832

Abstract

Penelitian inimengkajitentangbagaimanaresistensitokohperempuanmelawanbudayapatriarkiyangtelahmengakarkuatdilingkunganyangdigambarkanpadafilmYuni.PenelitianinimenggunakanmetodekualitatifdeskriptifdenganmenggunakanteorifeminismekekuasaandariNaomiWolfyangditulisdalambukunyayangberjudulFirewithWiredanditerbitkanpada1993.Dasardariteoriinidigunakanuntukmenganalisisupayatokoh perempuan dalam film Yuni untuk melawan seluruh bentuk represi yang hadir di lingkungannya. Padafilm Yuni ini, digambarkan bawa masih banyak penindasan yang dilakukan pada tokoh perempuan yangmenarik untuk diulas lebih lanjut. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan deskripsibentuk-bentukresistensiyangdilakukantokoh-tokohperempuandifilmYunisebagaiupayauntukmendobrakbudaya patriarki dan memperjuangkan hak atau pilihan dalam hidupnya. Penelitian ini menemukan empatbentuk resistensi perempuan yang ada di dalam film Yuni, dimana semuanyadidasarkan pada prinsipfeminisme kekuasaan. Bentuk resistensi tersebut tergambar pada para tokoh yang berani mengambil pilihanhidup, tetap berpegang teguh pada keputusan yang dipilih dan vokal atau berani dalam menyampaikan opinidan pendapatyangsesuaidengan pemikirannya.

References

Bhasin, K. (1996). Menggugat Patriarki, Pengantar tentang Persoalan Dominasi terhadap Kaum Perempuan (terjemahan). Yayasan Bentang Budaya.

Fakih, M. (2013). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Pustaka Belajar.

Hayden, P. (2001). The Philosophy of Human. Paragon House.

Irianto, S. (2003). Perempuan di antara Berbagai Pilihan Hukum. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Fourcolours Films, & Andini, K. (2021). Yuni. Disney+ Hotstar.

Maghfiroh, D. L., & Zawawi, M. (2020). Resistensi Perempuan dalam Film For Sama: Kajian Timur Tengah Perspektif Feminisme Naomi Wolf. In NUSA (Vol. 15, Issue 4).

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif .

PT Remaja Rosdakarya.

Muzakka, M. (2020). The Gender Equality Struggles in The Novel of Perempuan Berkalung Sorban and Gadis Pantai. Jurnal Ilmu Sastra, 8(2). https://doi.org/10.22146/poetika.60528

Rokhmansyah, A. (2016). Pengantar Gender dan Feminisme: Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminisme. Penerbit Garudhawaca.

Wolf, N. (1993). Fire with Fire: The New Female Power and How It Will Change the 21st Century. Random House.

Fourcolours Film. (2021). Yuni (film) - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Yuni_(film)

Downloads

Published

2023-03-07

Issue

Section

Articles