Instrumentasi dan Aspek Teknis Permainan Talempong Pacik Masyarakat Minangkabau
DOI:
https://doi.org/10.36982/jsdb.v3i3.494Abstract
Abstract
Minangkabau society have several types of talempong music ensembles, such as ‘TalempongPacik, Talempong Unggan, Talempong Batu, Talempong Jao, Talempong Batuang, Talempong Sambilu, and Talempong Kayu, and other talempong types. Among the talempong traditional music types which is very popular in the society of Minangkabau is 'Talempong Pacik' because its type of music ensemble evenly grows and develops in every nagari at all Minangkabausociety, so thattalempong art has become a musical identity of Minangkabau ethnic arts themselves . The main technique ofTempempongPacikis in the talempong music instrument which is played with interlocking technic by 3 musicians who eachmusicians will hold 2 talempong pieces to composeda short motifs repeatedly.
Keyword : Talempong Pacik, interlocking technic, instrumentation.
Â
Abstrak
Masyarakat Minang kabau memiliki beberapa jenis ensambel musik talempong, seperti ‘Talempong Pacik, Talempong Unggan, Talempong Batu, Talempong Jao, Talempong Batuang, Talempong Sambilu, dan Talempong Kayu, serta jenis talempong lainnya. Di antara jenis musik tradisional talempong yang sangat merakyat dalam kehidupan masyarakat Minangkabau adalah ‘Talempong Pacik’ karena jenis ensambel musik ini secara merata tumbuh dan berkembang pada setiap nagari di seluruh pelosok Minangkabau, sehingga kesenian talempong telah menjadi identitas musik aldari seni-budaya etnik Minangkabau itu sendiri. Teknik permainan utama Talempong Pacik terletak pada alat musik talempong yang dimainkan dengan teknik imbal (interlocking technic) oleh 3 orang musisi yang masing-masing memegang 2 buah talempong untuk melahirkan motif-motif pendek secara berulang-ulang.
Kata kunci : TalempongPacik, interlocking technic, instrumentasi.
References
Adam, Boestanoel Arifin, “Talempong Musik Tradisi Minangkabauâ€, LaporanPenelitian. Padangpanjang, 1986.
Esten, Mursal, “ Arti Tradisi dalam Perkembangan Kebudayaan. â€PidatoIlmiah. Padang. IKIP. 1994.
Hajizar, “ Menguak Konsep Musikal Tiga Jenis Talempong Yang Langka Di Luhak Limo Puluah Koto Minangkabauâ€. Laporan Penelitian. Padangpanjang : STSI Padangpanjang.,2002.
Kato, Tsuyoshi, “ Perubahan Sosial Minangkabau Dalam Perspeltif Perbandingan.†Makalah dalam Proseding Seminar ‘Perubahan social di Miangkabau. Mestika Zed, Padang. 1992.
Navis A.A, “Alam Takambang Jadi Guruâ€, GrafitiPers, Jakarta, 1984.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.