Perancangan Logo Peternakan Diteg Farm

Authors

  • Aditya Hanum Widarsa Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang
  • Wilma Sriwulan Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang
  • Syafwandi Syafwandi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v4i4.793

Abstract

ABSTRACT

The number of companies engaged in the field of chicken farming causes intense competition in the egg sales sector. Homogeneous egg products make selection based on low prices a priority for consumers. To attract attention and gain consumer confidence, it needs a branding process in the form of identity design that functions as a differentiator with competitors. In this design the data analysis method used is SWOT. According to Kotler & Armstrong (2008: 64), SWOT is divided into 4 namely: S (Strengths), W (Weakness), O (Opportunities), and T (Threats). The concept that will be applied to the design of this logo is taken from the awakening of the meaning of the vision and mission of Diteg Farm itself, which is developing business towards a better direction. The modern concept accompanied by the desire to expand the market is the top priority of the Diteg Farm farm. Not only that, eggs from the Diteg Farm farm are quality and hygienic egg choices. This design aims to determine whether the process of designing corporate identity with a modern impression can attract the attention of consumers. With the hope that an impression of a good brand image can attract the attention of consumers to make a purchase. Thus, consumers can feel the satisfaction of the products produced by Diteg Farm farms which will ultimately form consumer confidence that eggs from Diteg Farm farms are quality and hygienic eggs.

Keyword : Diteg Farm Poultry, branding, visual identity, promotion media

ABSTRAK

Banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang peternakan ayam menyebabkan persaingan yang ketat pada sektor penjualan telur. Produk telur yang homogen menyebabkan pemilihan berdasarkan harga murah menjadi prioritas para konsumen. Untuk menarik perhatian dan mendapatkan kepercayaan konsumen dibutuhkan sebuah proses branding berupa perancangan identitas yang berfungsi sebagai pembeda dengan kompetitor. Dalam perancangan ini metode analisa data yang digunakan adalah SWOT. Menurut Kotler & Armstrong (2008:64), SWOT dibagi menjadi 4 yaitu: S (Strengths), W (Weakness), O (Opportunities), dan T (Threats). Konsep yang akan diaplikasikan terhadap perancangan logo ini diambil dari pembangkitan makna visi dan misi Diteg Farm sendiri, yaitu mengembangkan usaha menuju ke arah yang lebih baik. Konsep moderen yang didampingi oleh keinginan untuk memperluas pasar menjadi prioritas utama dari peternakan Diteg Farm. Tidak hanya itu, telur dari peternakan Diteg Farm ini merupakan telur pilihan yang berkualitas dan higienis. Perancangan ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses perancangan identitas perusahaan dengan kesan moderen dapat menarik perhatian dari konsumen. Dengan harapan adanya kesan dari citra merek yang baik dapat menarik perhatian konsumen untuk melakukan pembelian. Sehingga, para konsumen dapat merasakan kepuasan dari produk yang dihasilkan oleh peternakan Diteg Farm yang pada akhirnya akan membentuk kepercayaan konsumen bahwa telur dari peternakan Diteg Farm adalah telur yang berkualitas dan higienis.

Kata kunci : Peternakan Diteg Farm, branding, identitas visual, media promosi

Author Biographies

Aditya Hanum Widarsa, Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang

Program Pascasarjana

Wilma Sriwulan, Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang

Program Pascasarjana

Syafwandi Syafwandi, Universitas Negeri Padang

Desain Komunikasi Visual

References

Hadi, Sutrisno. 1984. Bimbingan Menulis Skripsi Thesis, Jilid Pertama, Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kusrianto, A. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset

Rustan, Surianto. 2017. Mendesain Logo. Gramedia : Jakarta.

Riduwan. 2010 . Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: ALFABETA.

Supriyono, Rahmat. 2010. Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Swasty, Wirania. 2016. Branding – Memahami dan Merancang Strategi Merek.Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Wheeler, Alina. 2009. Designing Brand Identity. John Wiley & Sons, Inc.,Hoboken : New Jersey

Sumatera Barat, ISI Padangpanjang, JL. Bahder Johan No. 35 Hp/Wa. 082386876402 / Email : apardi44@gmail.com

Sumatera Barat, ISI Padangpanjang, JL. Bahder Johan No. 35Hp/Wa. 082386876402 / Email : apardi44@gmail.com

Downloads

Published

2019-09-12

Issue

Section

Articles