Kampanye Kesadaran Diri Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Sejak Dini Tahun 2018

Authors

  • Firdaus Pangestu Marfa Universitas Indo Global Mandiri
  • Yosef Yulius Universitas Indo Global Mandiri
  • Bobby Halim Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v4i4.795

Abstract

ABSTRACT

The increasing of public need for health information indicates that the people are currently more aware of the importance of health care so as to avoid disease. The health promotion activities are commonly carried out by health agencies or related institutions using public service advertisement media and health campaigns which are packaged in an attractive appearance to the public. The campaign aims to give information and to increase citizen’s awareness about how important to take care of eyes health since early stage. Nowadays , our young generation is having lack of awareness about their eyes health , even own awareness and people around them . The data which is used for this research is primary data . The primary data is taken by direct survey at eye center hospital and public health goverment in palembang. Besides, the data is get by direct interviewing with one of ophtalmologist in Palembang. The secondary data is get as literature through eye health reference book, health promotion , previous report about campaign , eye healt journal , data from eye health hospital , and media which is releated to this research. Target of research is children aged 5-11 years old and their parents . The Media which is used for the campaign “How important to take care of eye health†are board game, carrot mascot, balloon, poster, and others which are interested by target of research.

Keywords : Eyes Health, Public Awareness, Awareness Campaign

ABSTRAK

Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi tentang kesehatan menandai bahwa masyarakat saat ini lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan supaya terhindar dari penyakit. Kegiatan promosi kesehatan biasanya dilakukan oleh instansi kesehatan atau lembaga terkait dengan menggunakan media iklan layanan masyarakat dan kampanye kesehatan yang dikemas dalam suatu tampilan yang menarik kepada masyarakat. Kampanye ini bertujuan untuk memberikan informasi dan membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan mata sejak dini, minim kesadarannya untuk menjaga kesehatan matanya baik itu kesadaran diri sendiri maupun dari orang sekitarnya. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dalam penelitian ini dengan cara melakukan survey langsung pada salah satu rumah sakit mata yang ada di Palembang dan dinas kesehatan kota Palembang, serta melakukan wawancara langsung dengan salah satu dokter mata yang ada di kota Palembang dan data sekunder didapatkan sebagai literatur dapat melalui buku-buku refrensi kesehatan mata, promosi kesehatan, laporan – laporan terdahulu mengenai kampanye, jurnal kesehatan mata, data dari rs mata kota palembang mengenai kesehatan mata serta media yang berkaitan dengan obyek penelitian. Target sasaran pada kamapanye kali ini adalah anak berusia 5-11 tahun serta orangtua anak tersebut. Media yang digunakan pada kampanye kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mata sejak dini yaitu, boardgame, maskot wortet, balon, poster, dan media lainnya sehingga menarik perhatian target sasaran.

Kata kunci : Kesehatan Mata, Kesadaran Masyarakat, Kampanye Kesehatan

Author Biographies

Firdaus Pangestu Marfa, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Desain Komunikasi Visual

Yosef Yulius, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Desain Komunikasi Visual

Bobby Halim, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Desain Komunikasi Visual

References

Anonim. 2017. Seri PKMD 2: UKK, P2MPKMD, JPKM, Dokter Kecil Intervensi Spesifik Peranserta Masyarakat, Departemen Kesehatan Direktorat Jenderal Pembinaan Kesehatan Masyarakat, Jakarta.

Chaudhuri, A. R., Mandal, A. K., & Chaudhuri, B. B. 2002, December. Page layout analyser for multilingual Indian documents. In Language Engineering Conference, 2002. Proceedings (pp. 24-32). IEEE.

Durianto, Sugiarto, Widjaja dan Supratikno. (2003). Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Edison, R. 2015. Virtual Reality (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Glanz, Karen; K. Rimer, Barbara; Lewis, Frances Marcus. HEALTH BEHAVIOR AND HEALTH EDUCATION, Theory, Research, and Practice. 3rd ed. Jossey-Bass A Willey Imprint, San Francisco. 2002.

GOKU DALAM FILM ANIMASI DRAGON BALL.SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 4(1), 3-2.

Sihombing, D. 2001. Tipografi dalam desain grafis. Gramedia Pustaka Utama.

Heriyanto, V., Kurniawan, I., & Tarmawan, I. 2015. Kampanye Menggunakan Earphone yang Aman Untuk Mencegah Penyakit Gpab (Gangguan Pendengaran Akibat Bising) di Kota Bandung. eProceedings of Art & Design, 2(2).

Hoo, E., Erg, I. A. M., Sn, C. T. H. S., & Hum, M. 2013. Perancangan Buku Visualisasi Perayaan Kultural Erau Di Kota Tenggarong Melalui Ilustrasi. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2), 7.

Kasali, Rhenaldi. 1993. Manajemen Periklanan. Cetakan ketiga. Pustaka Utama Grafiti. Jakarta

Lwin, M dan Aitchison J. 2002. Clueless In Advertising. Prentice Hall. New Jersen

Launardo, A.V. et al. 2010. “Kelainan Refraksi pada Anak Usia 3-6 Tahun di Kecamatan Tallo Kota Makassarâ€, Available: www.panca.unhas.ac.id.

NG, D. S., Suwasono, A. A., & Salamoon, D. K. 2013. Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Bahaya Membaca Di Ruangan Kurang Cahaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2), 11.

Prayogo, J. W., Widyo, P., & Yuwono, A. 2013. Perancangan Kampanye Iklan Layanan Masyarakat Tentang Bahaya Radiasi Sinyal Handphone Pada Anak Remaja. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2), 11.

Prajogo, J. A., Hartanto, D. D., & Muljosumarto, C. 2015. Perancangan Iklan Layanan Masyarakat†Anti-Bullying†Pada Anak Usia 13-15 Tahun di Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6).

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013. Pedoman Pewawancara Petugas Pengumpul Data. Jakarta: Badan Litbangkes, Depkes RI, 2013

Soekidjo, N. 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyanto, M. S. M., & Sukoco, S. 2016. ANALISIS PERUBAHAN BENTUK KARAKTER SON

Tiharyo Imam et al. 2008. “Pertambahan Miopia pada Anak Sekolah Dasar Daerah Perkotaan dan Pedesaan di Daerah Istimewa Yogyakartaâ€. Jurnal Oftalmologi Indonesia, Vol.6, No.2, pp. 104-112.

VERONICA, A., TANUDJAJA, B. B., & SALAMOON, D. K. 2015. Perancangan Media Digital Interaktif Sebagai Pengenalan Cerita Rakyat Indonesia Untuk Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 18

Wijaya, A., & Sn, A. Y. S. 2013. PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG DAMPAK PENGGUNAAN LENSA KONTAK. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2), 8.

Wardiana, W. 2002. Perkembangan teknologi informasi di Indonesia.

Wikipedia, 2016. Perkembangan ICT. Diambil pada 16/2/2018 dari https://id/wikipedia.org/wiki/ICT.

Yulius, Y. 2016. PERANAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PENDUKUNG MEDIA PROMOSI KESEHATAN. Jurnal Seni, Desain dan Budaya, 1(2).

Website :

https://id.pinterest.com/pin/241364861252984902/ https://www.google.co.id/img. (diakses 16/2/2018)

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/penyakit-mata-di-indonesia/ (diakses 16/2/2018)

https://perdami.id/vision-2020-indonesia/(diakses 16/2/2018)

Downloads

Published

2019-09-12

Issue

Section

Articles