Penerapan Kampanye Sosial dalam Desain Komunikasi Visual

Risvi Pangestu

Abstract


ABSTRACT

Communication is the key to a comprehensive effort to form a positive goal. Planned communication creates certain effects on a large number of audiences that are carried out sustainably over a period of time. Campaigns often use the media as a message sending channel that has been well organized to target targets as planned. The campaign which currently has a high existence is a campaign oriented social mission as a series of planned non-commercial communication processes that contain messages about social problems that occur in the community. In the design process, there are data collection methods and data analysis methods before executing execution. The data collected is in the form of facts, daily targets, and casual diction so that the data can be a creative media that fits the characteristics of the target audience. The author takes the topic The Role of Social Campaign Media With Visual Communication Design due to the author's interest in delivering messages that are made creative and interactive by a visual communication design to be able to make other individuals change their minds. Analysis of this work contains observations related to design elements, campaign media and campaign communication processes designed. The 16 Days Campaign Against Violence Against Communities relies on print ads and interactive ambient ads as an effort to raise awareness of target targets to combat related cases.

Keywords :  Communication, Design, Campaign, Woman

ABSTRAK

Komunikasi menjadi kunci dari sebuah usaha komperhensif dalam membentuk suatu tujuan yang positif. Komunikasi secara terencana  menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu . Kampanye kerap menggunakan media sebagai saluran pengirim pesan yang telah ditata dengan baik kepada target sasaran sesuai yang telah direncanakan. Kampanye yang saat ini memiliki eksistensi yang tinggi adalah kampanye misi sosial yang berorientasi sebagai serangkaian proses komunikasi terencana bersifat non-komersil yang berisi pesan tentang masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Dalam proses perancangan, terdapat metode pengumpulan data dan metode analisis data sebelum melakukan pengerjaan eksekusi. Data yang dikumpulkan berupa fakta kasus, keseharian target sasaran, serta diksi yang kasual sehingga data tersebut dapat menjadi media kreatif yang sesuai dengan karakteristik target sasaran. Adapun penulis mengambil topik Peranan Media Kampanye Sosial Dengan Desain Komunikasi Visual dikarenakan ketertarikan penulis terhadap penyampaian pesan yang dibuat kreatif dan interaktif oleh seorang desain komunikasi visual hingga mampu membuat individu yang lain berubah pikiran. Analisis karya ini berisikan pengamatan terkait elemen desain, media kampanye dan proses komunikasi kampanye yang dirancang. Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Masyarakat mengandalkan print ads dan ambient ads yang interaktif sebagai upaya mengugah kesadaran target sasaran untuk memerangi kasus terkait.

Kata kunci : Komunikasi, Desain, Kampanye, Perempuan

Full Text:

PDF

References


Aitchison, Jim. 1999. Cutting Edge Of Advertising. Singapore : Prentice Hall

Antar, Venus. 2004. Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekaatam Media.

Ball-Rokeach, S.J., & DeFleur, M.L. 1976. A dependency model or mass-media effects. Communication Research, 3.

Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Coffman, Julia. 2002. “Public communication Campaign Evalution”.Harvard Family Research Project, 1-24

Evelyn.(2011). Perancangan Komunikasi Visual Untuk Mendukung Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan.Jakarta

Gomez Palacio, Vit Armin. 2009. Graphic Design, Referenced A Visual Guide To The Language, Applications and History of Graphic Design. USA : Rockport Publisher.

Larson, Charles U. 1992. Persuasion, Reception and Responsibility. California:Wardsworth Publishing Company.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rosady, Ruslan. 1997. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sihombing, Danton. 2015. Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta : Gramedia.

Subana, M. 2009. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. CV. Pustaka Setia, Bandung

Zulkarnein, Nasution. Komunikasi Pembangunan : Pengenalan Teori dan Penerapanannya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.