Seni Ukir Kayu Khas Palembang di Home Industri Q Laquer Kota Palembang

Mainur Mainur

Abstract


Abstract

This article is the result of a typical Palembang wood carving work. Starting from the increasingly few antiques in the antique gallery owned by Ibu Hj's family. Roswati made him intrigued to grow and develop his business since 1974 and to preserve the carving art furniture in the form of Palembang wood carving. Then continued by a similar craftsman in the Home Industry Q Laquer owned by Mr. Jaja is a typical Palembang wood carving art craftsmanship in Kelurahan 19 Ilir. The purpose of this research is to find out and describe the process of making Palembang's unique wood carving arts. The research method used is a qualitative descriptive method using data collection techniques of observation, interviews, and documentation. The types of decoration in the wood carving art are the decoration that characterizes the city of Palembang as from the motifs of plants with golden, black, and red patterns. The variety of wood carving that is applied to handicraft objects is basically a pure decoration, which functions solely to decorate or beautify. The results of typical Palembang carving crafts include decorative cabinets, chairs, tables, wardrobes, frames, and various kinds of furniture. Through this research by examining how Palembang wood carving art in particular the manufacturing process, is expected to contribute to the people of Palembang City in order to develop and preserve these cultural assets.

Keywords : Wood Carving Art, Decorative Variety, Palembangs

Abstrak

Artikel ini merupakan hasil penelitian karya seni ukir kayu khas Palembang. Bermula dari semakin sedikitnya barang antik di galeri antik milik keluarga Ibu Hj. Roswati membuat beliau tergugah untuk menumbuhkembangkan usahanya tersebut sejak tahun 1974 serta melestarikan kembali kerajinan seni ukir berbentuk mebel dengan ukiran kayu khas Palembang. Kemudian diteruskan juga oleh seorang pengrajin serupa di Home industri Q Laquer milik Bapak Jaja merupakan kerajinan seni ukir kayu khas Palembang di Kelurahan 19 Ilir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan proses pembuatan kerajinan seni ukir kayu khas Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ragam hias pada kerajinan seni ukir kayu tersebut ialah ragam hias yang mencirikhaskan kota Palembang seperti dari motif tumbuh-tumbuhan dengan corak warna kuning emas, hitam, merah. Ragam hias ukir kayu yang diterapkan pada benda-benda kerajinan pada dasarnya adalah ragam hias murni, yang berfungsi semata-mata untuk menghias atau memperindah. Hasil karya kerajinan seni ukir khas Palembang tersebut diantaranya berupa lemari hias, kursi, meja, lemari pakaian, bingkai, dan aneka macam mebel. Melalui penelitian ini dengan mengupas bagaimana seni ukir kayu khas Palembang khususnya proses pembuatannya, diharapkan dapat memberi kontribusi kepada masyarakat Kota Palembang agar bisa mengembangkan dan melestarikan aset budaya tersebut.

Kata kunci : Seni Ukir Kayu, Ragam Hias, Palembang

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif; Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Morissan. 2014. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rohidi, Rohendi Tjetjep. 2016. Pendidikan Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Salma, Irfa’ina Rohana. 2014. Seni Ukir Tradisional Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Batik Khas Batu Raja. Yogyakarta: Jurnal Indonesian Publication Index.

Subiyantoro, Slamet. 2009. Jaringan Proses Sosialisasi Nilai Seni Ukir Di Kabupaten Jepara. Surakarta: Jurnal Indonesian Publication Index.




DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jsdb.v5i2.995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.