DISTRIBUSI KOMUNIKASI INFORMASI PEMIMPIN SEBAGAI SEBAGAI PENGGERAK ORGANISASI

Authors

  • Danu Kusbandono Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.35908/jeg.v6i2.1505

Abstract

Suatu informasi merupakan hal terpenting dalam pembentukan kognitif seseorang maupun kelompok, begitupun dengan organisasi memerlukan komunikasi untuk melakukan kegiatan-kegiatan pencapaian tujuan, pemahaman dan konsep komunikasi sangatlah penting bagi seorang pemimpin dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pengambil keputusan, komunikasi juga merupakan hal pokok dalam organisasi, kesepakatan, kepemahaman hal yang perlu di tindak lanjuti dan memerlukan ketegasan, adanya konflik dan kesalah pahaman merupakan dampak dari ketidak efektivan komunikasi yang terjalin, perlu adanya pendekatan-pendekatan individual dalam memahami komunikasi sehingga menghasilkan keselarasan informasi yang sesuai dengan tujuan organisasi dan pemimpin.

References

Arni, Muhammad (2011). KomunikasiOrganisasi. Jakarta: Bumi Aksara

Allen MW, Gotcher JM, Seibert JH. 1993. A decade of organizational communication research: journal articles 1980–1991. Ann. Int. Commun. Assoc. 16:252–330.

Harrison, E. B., & Mühlberg, J. (2014). Leadership communication: How leaders communicate and how communicators lead in the today’s global enterprise. Business Expert Press.

McPhee RD, Zaug P. 2001. Organizational theory, organizational communication, organizational knowledge, and problematic integration. J. Commun. 51:574–91

Keyton J. 2011. Communication and Organizational Culture: A Key to Understanding Work Experiences. Thousand Oaks, CA: Sage. 2nd ed.

Keyton, 2017, Communication in Organizations, The Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 4:501–26

Men, L. R., & Bowen, S. (2017). Excellence in internal communication management. New York: Business Expert Press.

Poole MS. 2014. Systems theory. See Putnam & Mumby 2014, pp. 49–74

Putnam LL, Pacanowsky M, eds. 1983. Communication and Organizations: An Interpretive Approach. Beverly Hills, CA: Sage

Putnam LL, Mumby DK, eds. 2014. The Sage Handbook of Organizational Communication: Advances in Theory, Research, and Methods. Los Angeles: Sage. 3rd ed.

Scott CR, Lewis L, Barker JR, Keyton J, Kuhn T, Turner PK, eds. 2017. The International Encyclopedia of Organizational Communication, Vols. 1–4. Hoboken, NJ: Wiley. In press

Sias PM. 2016. From the editor-in-chief. Manag. Commun. Q. 30:3–4

Sundstrom B, Briones RL, Janoske M. 2013. Expecting the unexpected: non-proï¬t women’s organizations’ media responses to antiabortion terrorism. J. Commun. Manag. 17:341–63

Weick KE. 1965. The Social Psychology of Organizing. Reading, MA: Addison-Wesley

Downloads

Published

2021-08-21

How to Cite

Kusbandono, D. (2021). DISTRIBUSI KOMUNIKASI INFORMASI PEMIMPIN SEBAGAI SEBAGAI PENGGERAK ORGANISASI. Jurnal Ecoment Global, 6(2), 185–192. https://doi.org/10.35908/jeg.v6i2.1505

Issue

Section

Articles