Pengaruh Disiplin Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan

Winda Wardhani

Abstract


Sumber daya manusia merupakan aset penting untuk menunjang keberhasilan suatu perusahaan, karena peranan dari sumber daya manusia di dalam sebuah perusahaan akan menentukan apakah perusahaan tersebut dapat mempertahankan eksistensinya di masa yang akan dating, Sumber daya manusia di perusahaan perlu dikelola secara profesional agar terwujud keseimbangan antara kebutuhan pegawai dengan tuntutan dan kemampuan organisasi perusahaan . Adapun Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah disiplin dan kepemimpinan berpengaruh secara persial maupun simultan terhadap kinerja karyawan pada PT. Lima Persada Finance . populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di perusahaan, dengan sampel yang digunakan sebanyak 35 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini memakai dua variabel bebas yaitu disiplin (X1), kepemimpinan (X2), sedangkan variabel terikat yaitu kinerja karyawan (Y). data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis data yang terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik sebelum melakukan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan uji t secara persial dan uji F secara simultan dengan tingkat signifikan sebesar 5%. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa disiplin dan kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Lima Persada Finance . dilihat dari uji t dimana disiplin berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja, dan hasil untuk kepemimpinan adanya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja. Adapun hasil penelitian uji F secara simultan menunjukan bahwa disiplin dan kepemimpinan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Lima Persada Finannce. Besar kemampuan disiplin dan kepemimpinan untuk menjelaskan variabel kinerja karyawan adalah 43,7% sedangkan sisanya 56,3% di jelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Disiplin, Kepemimpinan, Kinerja Karyawan



Full Text:

PDF

References


Agustini, Fauziah. (2011). Manajemen Sumber Daya Lanjutan. Medan: Madenatera

Alfisah, (2013), Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana Kabupaten Banjar, Jurnal Wawasan Manajemenn, Vol 1, Nomor 1,Februari 2013

Hasibuan, Malayu. S.p. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Handoko, T. Hani. (2012). Manajemen edisi 2, Cetakan Keduapuluh Tiga.Yogyakarta: BPFE.

Iswandiari, Any dan Susilo, Amin. (2014), Pengaruh Kepribadian dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Luar Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912 Cabang Dieng Malang, Jurnal JIBEKA, Volume 8 N0 2:1-6.

Juliandi, Azwar, Irfan & Manurung, Saprinal. (2015). Metodelogi penelitian Bisnis. Cetakan Kedua. Medan: UMSU PRESS

Mangkunegara, A.A (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kesebelas, Bandung: PT. Remanaja Rosdakarya

Wa Ode Zusnita Muizu. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. Pekbis Jurnal, Vol.6, No.1.

Sutrisno, Edy. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama Jakarta: Kencana.

Sutrisno, Edy. (2010). Budaya Organisasi. Jakarta: Cetakan Kedua: Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-20. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35908/jeg.v6i2.1567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Winda Wardhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EG has been indexed by:

 


Editorial Office

  • Program Studi Magister Manajemen
  • 6th Floor, Indo Global Mandiri University, Palembang
  • Jl. Jend. Sudirman KM.4 No.629, 20 Ilir D. IV, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30129.
  • Telpon/Fax: +62711-3227-05
  • Contact :Havis  (+62 813-1554-5733)
 
 
 
 
 
Jurnal Ecoment Global E-ISSN:2685-6204, P-ISSN: 2540-816X, by http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.