PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU DI SMP NEGERI KOTA PALEMBANG

Authors

  • RA. Zubaidah Dinas Pendidikan Kabupaten OKI

DOI:

https://doi.org/10.35908/jeg.v1i2.200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Kerja Guru Serta Implikasinya Pada Kinerja Gurudi SMP  Negeri Kota Palembang.

Populasi dalam penelitian ini berjumlah sebesar 2668 guru SMPN Kota Palembang,sedangkan sampel 340 guru sesuai persyaratan SEM.

Analisis hasil penelitian menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial untuk menyimpulkan adanya pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen baik secara simultan maupun parsial. Model analisis menggunakan Structure Equation Model (SEM) dengan komposisi sub-struktur :Kepemimpinan kepala sekolah  (X1) dan kompetensi guru (X2)  sebagai variabel eksogen dan Motivasi Kerja  (Y) sebagai variabel endogen .  Struktur 2 terdiri dari : Kepemimpinan kepala sekolah (X1), Kompetensi guru (X2), dan Motivasi Kerja guru(Y) sebagai variabel eksogen dan Kinerja Guru(Z) sebagai variabel endogen.

Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut  :(1) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru di SMP Negeri kota Palembang,(2) Secara   parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru terhadapmotivasi kerja guru di SMP Negeri kota Palembang,(3)Terdapat pengaruh positif  kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru di SMP Negeri kota Palembang, (4) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri kota Palembang,(5) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri kota Palembang,(6) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru  terhadap kinerja guru di SMP Negeri kota Palembang,(7) Terdapat pengaruh positif  kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru dan motivasi kerja  guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri kota Palembang. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru SMPN Kota Palembang  maka perlu lebih meningkatkan kompetensi guru .Sedangkan untuk meningkatkan motivasi kerja guru SMPN Kota Palembang, faktor kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran yang paling besar.

Kata Kunci   :  Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi, Motivasi Kerja, dan Kinerja

References

Arikunto,Suharsimi,2003, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT.Bumi Aksara

Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga Kota Palembang, 2011

Efendi, A. 2007. Revolusi Kecerdasan Abad 21 (Kritik MI, EI, SQ, AQ, dan Successful Intelegence atas IQ). Alfabeta.Bandung

Kartono, 2007. Tinjauan Politik Mengenai Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta : Anem Kosong Anem

Owens, 2001. Organizational Behaviour In Education Fourth Edition International Edition Englewood Cliffs, Prentice-Hall

Muhibbin, syah, 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdikarya

Mc Clelland, 2001, Memacu Masyarakat Berprestasi : Mempercepat Laju Pertumbuhan Ekonomi Melalui Peningkatan Motif Berprestasi, Jakarta:Intermedia.

Mitchell, Terence, 2010. People in Organization Understanding Their Behaviour, Prentice Hall of India Private Limited , New Delhi.

Ghozali, dan Fuad. 2008. Structural Equation Modelling Teori, Konsep dan Aplikasi. Semarang. Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2017-08-10

How to Cite

Zubaidah, R. (2017). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU DI SMP NEGERI KOTA PALEMBANG. Jurnal Ecoment Global, 1(2), 8–20. https://doi.org/10.35908/jeg.v1i2.200

Issue

Section

Articles