PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT. BUKIT ASAM (PERSERO), TBK UNIT DERMAGA KERTAPATI PALEMBANG

Authors

  • Nisa’ Ulul Mafra Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.35908/jeg.v2i1.211

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Kompetensi Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai PT. Bukit Asam   (Persero), Tbk Unit Dermaga Kertapati  Palembang. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan komunikasi secara bersama-sama dan secara parsial terhadap kinerja pegawai pada PT. Bukit Asam (Persero), Tbk Unit Dermaga Kertapati Palembang. Metode penelitian: penelitian ini menggunakan metode multiple regresssion model yaitu desain penelitian yang akan mengungkapkan pengaruh kolektif variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder yang dikumpulkan melalui kuesioner. Adapun instrumen penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling technique, dan jumlah sampel sebanyak 51 orang pegawai PT. Bukit Asam (Persero), Tbk Unit Dermaga Kertapati Palembang.

Hasil penelitian: kinerja pegawai PT. Bukit Asam (Persero), Tbk Unit Dermaga Kertapati Palembang dipengaruhi oleh kompetensi dan komunikasi. Hal ini dibuktikan dengan analisis dari koefisien determinasi (r­2). Pada penelitian ini nilai koefisien determinasinya sebesar 0, 292yang artinya variabel kinerja pegawai sebesar 29,2% dapat dijelaskan secara bersama-sama oleh variabel kompetensi (X1) dan komunikasi (X2), sedangkan sisanya 70,8% dijelaskan oleh faktor atau variabel lain yang tidak ditelliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: Kompetensi, Komunikasi dan Kinerja Pegawai

Author Biography

Nisa’ Ulul Mafra, Universitas PGRI Palembang

Fakultas Ekonomi

References

DAFTAR PUSTAKA

Ani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.

Dharma, Surya. 2012. Manajemen Kinerja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fajar, Marheini. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ierhasy, Saumanda Tazilio, Prihatin Lr dan Parapat G. 2014. Pengaruh Komunikasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Pengawasan Sebagai Variabel Moderating Pada PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk SBU Distribusi Wilayah III Sumatera Bagian Utara. Jurnal Ekonomi, Vol 17, No 3.

Muhammad, Arni. 2011. Komunikasi Organisasi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Moeheriono. 2014. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Cetakan ke-2. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal dan Ella Jauvani Sagala. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Penerbit PT.Raja Grafindo Persada.

Singgih, Santoso. 2010. Statistik Parametrik Konsep dan Aplikasi Dengan SPSS. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI.

Sinambela, Lijan Poltak, 2012, Kinerja Pegawai dan Teori Pengukuran dan Implkasi. Yogyakarta, Graha Ilmu.

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Manajemen, Bandung, CV. Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodelogi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Jakarta:Pustaka Baru Press.

Wibowo, 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Widjaja, H A. W. 2010. Komunikasi (Komunikasi dan Humas). Cetakan ke enam. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Downloads

Published

2017-02-26

How to Cite

Mafra, N. U. (2017). PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT. BUKIT ASAM (PERSERO), TBK UNIT DERMAGA KERTAPATI PALEMBANG. Jurnal Ecoment Global, 2(1), 12–26. https://doi.org/10.35908/jeg.v2i1.211

Issue

Section

Articles