ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Usailan Oemar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan di Puskesmas Sungai Lilin Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin yang diukur dengan 14 indikator Indeks Kepuasan Masyarakat mengacu pada KepMen PAN No: KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Penyusunan IKM Unit Pelayanan Instansi Pemerintah termasuk BUMN/BUMD. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dilakukan melaui wawancara dan penyebaran kuesioner. Metode analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat.

Hasil analisis Indeks Kepuasan Masyarakat, Nilai Indeks yang diperoleh sebesar 2,73 dan Nilai IKM sebesar 68,25. Hal ini berarti bahwa mutu/kualitas yang dilakukan oleh Puskesmas Sungai Lilin termasuk kategori B, sehingga kinerja pelayanannya dapat dikatakan baik. Dilihat dari nilai per unsur pelayanan, prosedur pelayanan merupakan unsur dengan indeks tertinggi dengan nilai IKM sebesar 78,5 berada pada tingkat mutu baik, dan kategori kinerja baik,  sedangkan unsur dengan indeks terendah yaitu unsur kepastian jadwal pelayanan dengan nilai IKM sebesar 47,75  berada pada tingkat mutu baik, dan kategori kinerja baik.

Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Sungai Lilin yang diukur dengan indikator indeks kepuasan masyarakat telah dilaksanakan dengan baik.

 

Kata Kunci   :  Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan


Full Text:

PDF

References


Arief, Muhtosim. 2007. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing.

Arikunto, Suharsini 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6, Jakarta: Rineka Cipta.

Keputusan Menteri Pendayaan Aparatur Negara Nomor 25 /KEP//M. PAN/2/2004: tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyakat.

Keputusan Menteri Pendayaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003: tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Publik.

Moenir, H.A.S., 2000, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta

Hardi, Utomo. 2015. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pada Pelayanan Publik Di Puskesmas Kalicacing Kota Salatiga. Salatiga. Jurnal Among Makarti Vol.8 No.15, Juli 2015.

Saladdin Wirawan Effendy. 2011.Analisis Indek Kepuasan Masyarakat Pada Badan Perizinan dan Penanaman Modal Kabupaten Ogan Komering Ilir. Palembang . OCPUS: Jurnal Akuntansi Bisnis dan Informatika.Volume 3 No. 2, Juli – Desember 2011

Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.35908/jeg.v2i1.212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL ECOMENT GLOBAL : Kajian Bisnis dan Manajemen

EG has been indexed by:

 


Editorial Office

  • Program Studi Magister Manajemen
  • 6th Floor, Indo Global Mandiri University, Palembang
  • Jl. Jend. Sudirman KM.4 No.629, 20 Ilir D. IV, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30129.
  • Telpon/Fax: +62711-3227-05
  • Contact :Havis  (+62 813-1554-5733)
 
 
 
 
 
Jurnal Ecoment Global E-ISSN:2685-6204, P-ISSN: 2540-816X, by http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.