PENGARUH HARGA JUAL KACA PATRI JENIS SILVER TERHADAP NILAI PENJUALAN PADA CV. KARUNIA KACA PALEMBANG TAHUN 2004-2015

Hamid Halin, Hendry Wijaya, Rinda Yusilpi

Abstract


Studi ini melihat bagaimana harga jual efek kaca patri perak terhadap volume penjualan pada CV. Karunia Kaca Palembang. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui harga jual efek kaca patri perak terhadap volume penjualan pada CV. Karunia Kaca Palembang. Dimana variabel X adalah harga jual dan variabel Y adalah volume penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif, dan sumber data bersifat sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dari hasil uji regresi sederhana yaitu bahwa variabel harga jual memiliki nilai negatif sebesar 2.734 yang berarti jika terjadi penurunan harga sebesar 1% maka akan meningkatkan volume penjualan sebesar 2.734%. Dari hasil uji koefisien determinasi bahwa R square sebesar 0,908 menunjukkan variabel independen (harga jual) 90,8% yang dapat menjelaskan variabel terikat (volume penjualan). Sedangkan sisanya 9,2% terkena atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil uji t diperoleh sebesar 9,951 dengan tingkat signifikansi 0,000. Kemudian nilai ttest dibandingkan dengan ttabel pada df = 12 - 2 = 10 dan tingkat signifikansi 0,05 pada nilai ttabel 2,228. Nilai nilai ttest Variabel X lebih besar dari ttabel (9,951> 2,228). Tingkat signifikan adalah 0,000 <0,05. Maka bisa dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap nilai penjualan

Full Text:

PDF

References


Patra, Eko. 2015 “Pengaruh Strategi Promosi Dan Harga Terhadap Volume Penjualan Alat Kesehatan (Hospital Bed) pada PT. Sarandi Karya Nugraha”. Jurnal JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Volume 1 No. 2. Universitas Pakuan Bogor.

Abdurrahman. 2015. “Manajemen Strategi Pemasaran”. Edisi Pertama. Bandung. Pustaka Setia.

Swastha, Basu 2014. “Manejemen Pemasaran”. Edisi Ketiga. Yogyakarta. Yogyakarta. BFFE.

Sunyoto. 2015. “Strategi Pemasaran”. Edisi Pertama. Yogyakarta.CAPS.

Ginting. 2011. “Manajemen Pemasaran”. Edisi Pertama. Yrma Widya. Bandung.

Sugiyono. 2015“Metode Penelitian Manajemen” Edisi Keempat. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2014. “Metode Penelitian Bisnis” Edisi Kedelapan belas. Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.35908/jeg.v2i2.251

Copyright (c) 2017 JURNAL ECOMENT GLOBAL : Kajian Bisnis dan Manajemen

EG has been indexed by:

 


Editorial Office

  • Fakultas Ekonomi 
  • Jl. Jend. Sudirman KM.4 No.629, 20 Ilir D. IV, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30129.
  • Telpon/Fax: +62711-3227-05
  • Contact :Yeni  (0813-7327-0898)
 
 
 
 
 
Jurnal Ecoment Global E-ISSN:2685-6204, P-ISSN: 2540-816X, by http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.