Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Dalam Meningkatkan Kinerja Rumah Sakit di Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas Dengan Pendekatan Balanced Scorecard

Authors

  • Indrawati Mara Kesuma Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi Rawas
  • Yuli Nurhayati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi Rawas

DOI:

https://doi.org/10.35908/jeg.v5i1.804

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Rumah Sakit yang berada di Kota Lubuklinggau dan kabupaten Musi Rawas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengalisis pengaruh Good Corporate Governance dalam meningkatkan   Kinerja Rumah Sakit  di Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas dengan Pendekatan Balanced Scorecard Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Kinerja berbasis balanced scorecard (Y). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah prinsip-prinsip Good Corporate Governance yang terdiri dari 5 (lima) prinsip  yaitu transparansi (X1), akuntabilitas (X2), responsibilitas (X3), independensi (X4) dan kewajaran (X5).  Objek penelitian yaitu pada Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Sobirin dan Rumah sakit Siti Aisyah.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini secara statistik mengunakan analisis regresi linier berganda dan analisis koefisien determinasi R2 (R Square) atau koefisien determinasi yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar prosentase sumbangan pengaruh variabel independen secara bersama-sama terhadap variabel dependen. Uji  F digunakan untuk menguji pengaruh variabel independen secara bersama-sama terhadap variabel dependen dan Uji t digunakan untuk menguji pengaruh variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen.  Pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi linear berganda melalui komputer program SPSS Versi 20. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan  prinsip-prinsip Good Corporate Governance berpengaruh positif  signifikan terhadap kinerja dengan pendekatan Balanced Scorecard pada Rumah Sakit Sobirin dan Rumah Sakit Siti Aisyah baik secara parsial maupun simultan.

Kata Kunci; Good Corporate Governance, Balanced Scorecard, Kinerja

Author Biographies

Indrawati Mara Kesuma, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi Rawas

Program Studi Ekonomi

Yuli Nurhayati, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi Rawas

Program Studi Ekonomi

References

Daniri, Achmad.2014. Lead By GCG. Jakarta: Gagas Bisnis Indonesia.

Fahmi, Irham.2013. Manajemen Kinerja Teori Dan Aplikasi. Bandung: Alfabetha .

Fitriyani, Dewi dkk.2016. Good Corporate Governance Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Berdasarkan Balanced Scorecard. Jurnal Akuntansi/Volume XX, No.03.Jakarta 2013.

Halim, Abdul dkk. 2014. Akuntansi Manajemen (Akuntansi Manajerial).Cetakan ke 4. Yogyakarta: BPFE.

Mardiasmo.2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi Offset.

Ni Luh Putu Andriyani Pratiwi dkk.2016. Pengaruh Good Corporate Governance Pada Kinerja Berbasis Balance Scorecard.2016. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Volume 15.Mei 2016.

Sudarso, Yoyo dkk.2017. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance TerhadapKinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Balance Scorecard Pada PT Telkomunikasi Indonesia TBK. Jurnal Indonesia membangun Volume 16 No 2.Agustus 2017.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R &D.Bandung:Alfabetha.

Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara NOMOR : PER — 01 /MBU/2011 Permenkes Nomor 34 tahun 2016.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009.

Zamzam, Fakhry, Havis Aravik, 2016. Manajemen SDM Berbasis Syariah, Bogor: CV. RWTC Success

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Kesuma, I. M., & Nurhayati, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Dalam Meningkatkan Kinerja Rumah Sakit di Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas Dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Jurnal Ecoment Global, 5(1), 12–27. https://doi.org/10.35908/jeg.v5i1.804

Issue

Section

Articles