Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Type C Kabupaten Kebumen

Muhyar Nugraha, Sumadi Sumadi

Abstract


Kebutuhan masyarakat terus berkembang menyikapi kemajuan dalam masyarakat seperti kebutuhan akan pelayanan kesehatan, karena kesehatan merupakan salah satu kebutuhan hidup yang penting dalam menunjang aktifitas seseorang. Kemajuan dan perkembangan rumah sakit akan sangat tergantung dari kualitas pelayanan yang diberikan. Jika pelayanan yang diberikan baik maka pasien di rumah sakit tersebut akan merasa puas. Menelaah masalah kualitas pelayanan terutama pelayanan kesehatan di rumah sakit tidaklah mudah karena disatu sisi mempunyai tanggung jawab sosial dengan memberikan pelayanan kesehatan secara manusiawi, tetapi di sisi lain juga harus memperhatikan prinsip-prinsip ekonomi menyangkut penyelenggaraan rumah sakit yang memerlukan biaya investasi, operasional dan pemeliharaan yang begitu besar. Metode pengambilan data ini menggunakan kuesioner, Pengambilan sampel penelitian dengan metode non-probability sampling dengan jumlah sampel 150 responden. Analisis yang digunakan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Ada pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepercayaan pasien sebesar 81,7% sedangkan sisanya 18,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan ke dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Aditia, A. R. R., Wadud, M., & DP, M. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor NMAX pada PT Yamaha A. Rivai Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(01), 23-37. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v1i01.4

Alrubaiee, L. 2011. The Mediating Effect of Patient Satisfaction in the Patients' Perceptions of Healthcare Quality – Patient Trust Relationship. International Journal of Marketing Studies. Vol 3 No 1.

Amha, G. G. (2020). Determinants of Customer Satisfaction and Customer Loyalty in Amhara Credit and Saving Institute (ACSI): The Case of Waghimera Zone Sekota Town. International Journal of Marketing & Human Resource Research, 1(01), 34-51. Retrieved from http://journal.jis-institute.org/index.php/ijmhrr/article/view/70

Aprianto, R. (2016). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Kantor PT Bank Bca Cabang Lubuklinggau. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 7(1), 11-18.

Arifai, A. A., & Trihandayani, Z. (2018). Harga, Kualitas Produk dan Merek terhadap Keputusan Pembelian Tas KW Cartier di Kalangan Mahasiswi sebagai Penunjang Penampilan Kuliah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(3), 16-22.

Asri, V. I. 2013. Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus: Bank BRI Syariah Cabang Kudus). JOIR. Vol XII No. 2.

Azwar, A. 1996. Program Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan (Aplikasi Prinsi Lingkungan Pemecahan Masalah). Jakarta: Yayasan Penerbit IDI.

Barney, J.B., & Hansen, M. H. 1994. Trustwor-thiness as a Source of Competitive Advantage. Journal of Strategic Management, Vol. 15.

Batu, R. L., Suryani, N. I., Septia, N., & Sekaryahya, P. F. (2020). Pengaruh Harga dan Inovasi Layanan Aplikasi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Taksi Express: Survei pada Pengunduh Aplikasi Express Taxis. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(01), 1-22. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v1i01.6

Elrado, MH., Srikandi K., dan Edy, Y. (2014). “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan, dan Loyalitas pada Pelanggan Jambuwuluk Resort”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 15 No. 2 Oktober 2014.

Engel, JF. Roger D. Blackwell dan Paul W. Miniard, 1994, "Perilaku Konsumen”, Jilid 1, Edisi VI, Jakarta: Binarupa Aksara.

Garbarino & Huber. FJ. 1999. The Evolution of Loyalty Intentions. Journal of Marketing. Vol 7 No 2.

Ghozali, I, 2005. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Giese & Cote. 2000. Academy of Marketing Science Review. Defining Consumer Satisfaction.Vol2000 No. 1 Available: http://www.amsreview.org/articlesgiese01-2000.pdf.

Hildayanti, S. K., Marnisah, L., & Dinata, E. S. (2018). Pengaruh Nilai, Kualitas Pelayanan dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Asuransi Kresna Mitra Tbk Cabang Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 9(1), 61-70.

Indriantoro, N & Bambang S. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Pertama. BPFE Yogyakarta.

Irawan, D., Marnisah, L., & Azrai’e, K. R. (2018). Analisis Produk dan Harga terhadap Keputusan Mahasiswa Universitas IGM Membeli Smartphone Samsung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(2), 35-41.

Kotler, P, 1994, Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Edisi Kedelapan, Jilid I, Fakultas Ekonomi UI, Jakarta.

Kotler, P. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran “Pemasaran, Implikasi, dan Pengendalian”. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P dan Keller, K.L. 2016. Marketing Management 15 ed. Global Edition. England. Pearson Education.

Mosahab, R, Osman M, T. Ramayah. 2010. Service Quality, Customer Satisfaction and Loyalty: A Test of Mediation. International Business Research. Vol 3 No 4.

Mowen, JC & Michael M. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Nasution, M. Nur. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nasution, M. Nur. 2005. Manajemen Mutu Tepadu (Total Quality Management), Edisi Kedua, 2005, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Oktareza, M. E. T., Halin, H., & Handayani, S. (2020). The Effect of Service on Customer Satisfaction at PT Pandu Siwi Sentosa. International Journal of Community Service & Engagement, 1(01), 19-26. Retrieved from http://journal.jis-institute.org/index.php/ijcse/article/view/74

Parasuraman, A., Zeithalm, V., dan Berry L., 1988. SERVQUAL: A Multiple item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retaliling.

Parasuraman, A., Zeithalm, V., dan Berry L., 1985. Journal of Marketing: A Conceptual Model A of Service Quality and Its Implication for Future Research.

Pebrianti, T., & Porwani, S. (2018). Persepsi Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Petugas di Bagian Pendaftaran Pada Puskesmas Sematang Borang Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(2), 18-25.

Peter, J and Olson, J.C. 2010. Consumer Behavior. Edisi 9. New York: McGraw Hill Irwin.

Pramana, I Gede Yogi dan Ni Made Rastini. (2016). Pengaruh Kualitas Kepercayaan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. E-Jurnal Manajemen Unu, Vol. 5, No.1, 2016: 706-733 ISSN: 2302-8912.

Pribadi, G. (2020). Service Quality sebagai Pengukuran Kepuasan Siswa dan Orang Tua/Wali Murid SMP Muhammadiyah 1 Gombong. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 11(1).

Rahman, Muhammad Sabbir. 2012. “Service Quality, Corporate Image and Customer’s Satisfaction Towards Customers Perception: An Exploratory Study on Telecom Customers in Bangladesh. Business Intelligence Journal - January, 2012 Vol.5 No.1.

Sekaran, U. 2010. Research Methods for Business: A Skill Building Approach. New Jersey: John Willey.

Siregar, D. D. 2004, Manajemen Aset, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, M (2016). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepercayaan Konsumen serta Implikasinya pada Keputusan Pembelian (Studi Produk PosPay PLN) pada PT Pos Indonesia. Thesis Program Magister Manajemen. Program Pascasarjana Universitas Pasundan. Bandung.

Sumarwan, U. 2003. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F. 1997. Strategi Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, F. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, F. 2004. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Tjiptono, F. 2005. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

U, Husein. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama & Jakarta Bussiness Research Center.

Wiyono, D. G. 2011. Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 dan SmartPLS 2.0. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan STIM YKPN.

Vuuren, T. Van. 2012. Customer satisfaction, trust and commitment as predictors of customer loyalty within an optometric practice environment. Southern African Business Review Volume 16 Number 3.

Wilkie, L. 1994. Consumer Behavior, 4th. New York: John Wiley & Sons.

Yanti, F., Karim, A., & Wadud, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Studio Ribka Foto Cabang Sekip di Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(2), 47-52.

Zeithaml, VA., Parasuraman, A. & Berry, LL. 1996. Delivering Quality Seervice, The Free Press, New York, N.Y.




DOI: http://dx.doi.org/10.35908/jiegmk.v11i2.1190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Editorial Office

  • Faculty of Economics
  • Level 6, Universitas Indo Global Mandiri, Palembang
  • Jl. Jend. Sudirman KM.4 No.629, 20 Ilir D. IV, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30129.
  • Telpon/Fax: +62711-3227-05
  • Contact :Risqo  (0821-8454-5011)
 
 
 
 
 
Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini  E-ISSN : 2089-6018 P-ISSN : 2502-2024 ,  by http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EGMK MK licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.