Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Avanza Pada PT Astra International Tbk Cabang Auto2000 Veteran Palembang

Authors

  • Tiara Levia Sari Universitas Bina Darma Palembang
  • Efan Elpanso Universitas Bina Darma Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jiegmk.v13i2.2362

Abstract

Promosi dan Kualitas Pelayanan merupakan elemen penting untuk menarik minat konsumen akan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian mobil Avanza di Auto 2000 cabang Veteran Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi dan kualitas pelayanan sebagai variabel independen terhadap keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 85 orang responden yang pengambilannya dilakukan dengan teknik kuota sampling dengan ketentuan yaitu calon responden harus memenuhi beberapa kriteria. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung melalui metode pembagian kuesioner. Beberapa masalah ditemukan setelah dilakukannya observasi wawancara kepada beberapa konsumen selama dua minggu, keluhan tersebut diantaranya iklan Toyota yang kurang merata sehingga beberapa konsumen jarang melihat iklan Toyota serta beberapa konsumrn yang menyatakan mengalami kendala dalam pembuatan surat-surat kendaraan. Hal ini tentu akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Metode statistik pada penelitian ini dengan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda untuk mengatuhi pengaruh antar variabel bebas dan variabel terikat, analisis ini memperoleh nilai   = 9.680 + 0,712 X1 + 0,515 X2 + E. Berdasarkan pengujian hipotesis pada penelitian ini yang dilakukan secara parsial (uji t) menyatakan bahwa promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan memperoleh nilai Thitung sebesar 6,021, dan bersadarkan pengujian yang dilakukan secara parsial (uji t)  kualitas pelayanan dinyatakan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan perolehan nilai Thitung sebesar 4,825. Bersadarkan pengujian hipotesis secara simultan (uji f) memperoleh nilai Fhitung sebesar 138,022  yang menyatakan promosi dan kualitas pelayanan secara bersamaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

References

Assauri, S. 2017, Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Budy, Kusnandar Viva. 2021. Jumlah Kendaraan Bermotor di Jawa Timur Terbanyak Nasional pada 2020. www.databoks.katadata.co.id. Diakses pada 22 November 2021.

Fea. 2021, Sensus Kendaraan di Indonesia: Lebih dari 133 Juta Unit. https://www.cnnindonesia.com. Diakses pada 22 November 2021.

Foster, Bob. 2016. “Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis†(Case Study on Bintang Trading Company)â€. American Research Journal of Humanities and Social Sciences (ARJHSS) ISSN (Online) : 2378-7031 Volume 2, 2016.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivarite dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016, Manajemen Pemasaran, Jakarta, Erlangga.

Lintang, Adesetyo. 2020, Pengaruh Personal Selling Terhadap Pencapaian Penjualan pada Produk Pembiayaan KPR Bersubsidi di Bank BTN Syariah Bandung. Bandung, Politeknik Pos Indonesia.

Malau, Herman. 2017. Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global, Bandung, Alfabeta.

Priyatno, Duwi. 2016. Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS Praktis dan Mudah Dipahami untuk Tinkat Pemula dan Menengah, Yogyakarta, Gava Media.

Santoso, S. 2012, “Statistik Parametrik, Konsep dan Aplikasi dengan SPSSâ€, Jakarta, PT Elex Media Komputindo.

Siregar, Syofian. 2017. “Statistik parametric untuk penelitian kuantitatifâ€. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono. 2019, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & Dâ€, Bandung, Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2015, “Strategi Pemasaranâ€, Yogyakarta, CV Andi OFFset.

Tjiptono, Fandy. 2018. “Service Management, Mewujudkan Layanan Primaâ€. Edisi 3. Yogyakarta, CV Andi.

Zebua, Manahati. 2019, “Efektifitas Web Sebagai Media Promosi Pariwisataâ€, Jakarta, Deepublish.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Sari, T. L., & Elpanso, E. (2022). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Avanza Pada PT Astra International Tbk Cabang Auto2000 Veteran Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 13(2), 102–108. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v13i2.2362

Issue

Section

Articles