Analisis Pengelolaan Keuangan Usaha Kecil dan Menengah Bakso Granat Mas Azis di kota Palembang

Muhammad Reyhan Amanda, Mukran Roni

Abstract


Perekonomian di suatu negara merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi kesejahteraan penduduknya. Masyarakat dan pemerintah sebagai elemen terpenting dalam pelaku ekonomi dalam sebuah negara tidak bisa tinggal diam ketika dalam kegiatan ekonomi terjadi masalah. UMKM merupakan pejuang ekonomi yang utama di indonesia, UMKM mampu menjadi tolak ukur aktivitas ekonomi masyarakat. Kehadiran UMKM ini juga bisa dijadikan solusi untuk memperbaiki perekonomiam nasional. Dengan adanya usaha- usaha kecil tentunya lapangan kerja juga akan semakin bertambah yang mana secara tidak langsung akan mengurangi angka pengangguran. UMKM juga dianggap berkontribusi paling besar untuk penyerapan tenaga kerja di bandingkan dengan sektor usaha besar. Kendala yang dihadapi oleh UMKM sekarang ini adalah banyaknya usaha yang menghasilkan produk yang sama. Bukan hanya itu, permasalahan utama juga datang dari sulitnya memperoleh pendanaan karena para pemilik usaha seringkali belum mampu untuk membuat dan menyajikan informasi dan kondisi perkembangan usahanya terutama terkait dengan laporan pengelolaan keuangan. Pengelolaan keuanganyang baik cenderung akan mempunyai pengaruh besar dalam keberhasilan usaha, namun nyatanya banyak pengusaha yang masih kecil dengan keterbelakangan pendidikan dan tidak mempunyai pengetahuan tentang pengelolaan keuangan dan belum sepenuhnya memenuhi tentang indikator dan poin poin penting dalam pengelolaan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan keuangan yang diterapkan oleh UMKM Bakso Granat Mas Azis di kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualtitatif dengan melakukan wawancara dan dokumentasi pada bagian keuangan. Indikator utama yang digunakan dalam pengelolaan keuangan terdiri dari perencanaan, pencatatan, pelaporan dan pengendalian keuangan. Hasil pemeriksaan dari keempat indikator pengelolaan keuangan menunjukkan hasil bahwa Bakso Granat Mas Azis sudah membuat dan merencanakan anggaran, pencatatan, pelaporan dan pengendalian keuangan. Namun belum sepenuhnya menerapkan dan memahami indikator laporan keuangan dalam pelaporan keuangan usaha.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, W. K. (2018). Analisis Pengelolaan Keuangan Usaha Mandiri (Studi Kasus UMKM Wahyu Tamurun di Kecamatan Taman Kota Madiun). Malang: Universitas Negeri Malang.

Andasari, P. R. (2018). Implementasi Pencatatan Keuangan Pada Usaha Kecil dan Menengah Studi pada Sentra Industri Keripik Tempe Sanan di Kota Malang. Malang: Skripsi Fakultas Ekonomi, STIE ASIA .

Astuty, E. A. (2019). Pengaruh Kompetensi Aparatur, Sistem Pengendalian Internal, Penyajian Laporan Keuangan, Aksesibiltas, Dan Peran Perangkat Desa Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Empiris Pada Desa Se-Kecamatan Muntilan).

DIyana, I. Y. (2017). Analisis Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Studi Kasus Pada Asosiasi Batik Mukti manunggal kabupaten sleman. Yogyakarta: Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma.

Handoko, H. (2011). Manajemen: Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Hartati, S. (2001). Manajemen Keuangan Untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. http://www.academia.edu/8689658/Artikel-Sri-Hartati.

Hasanah Nuramalia, S. M. (2020). Mudah Memahami Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Houston, E. F. (2012). Dasar -Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Kuswadi. (2005). Cara Mudah Memahami Angka dan Manajemen Keuangan bagi orang awam. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Martono, A. H. (2010). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia.

Nurdiansyah, R. S. (2019). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Sandu Siyoto, M. A. (2019). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jiegmk.v13i2.2379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Editorial Office

  • Faculty of Economics
  • Level 6, Universitas Indo Global Mandiri, Palembang
  • Jl. Jend. Sudirman KM.4 No.629, 20 Ilir D. IV, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30129.
  • Telpon/Fax: +62711-3227-05
  • Contact :Emilda  (0813-6778-4977)
 
 
 
 
 
Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini  E-ISSN : 2089-6018 P-ISSN : 2502-2024 ,  by http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EGMK MK licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.