Pengaruh Current Ratio, Inventory Turnover, Receivable Turnover, Dan Debt To Equity Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Pertambangan Batubara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021

Ramdani Ramdani, Siti Nurhayati Nasfsiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa faktor yang mempengaruhi ROA (Return on Asset) yang ada di perusahaan pertambangan batu bara yang.berdasarkan laporan keuangan penelitian adalah penelitian yang bersifat kausal atau penelitian yang menyatakan salah satu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Variabel yang.mempengaruhi disebut variabel bebas dan dalam hal ini penelitian mengajukan  Current Ratio (CR), Inventory Turnover (ITO), Receivable Turnover (RTO) dan Debt To Equity (DER). Diketahui metode dalam pengambilan sampel, menggunakan metode judgemental atau purposive sampling dan menggunakan Regression Data Panel sebagai alat uji penelitian dengan menggunakan spss ver.26. jumlah populasi pada penelitian terdapat 26 perusahaan, sehingga perusahaan yang dapat diambil sebagai sampel berjumlah 6 perusahaan saja yang memenuhi syarat perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di bursa efek Indonesia. pada penelitian ini, Current Ratio (CR), Inventory Turnover (ITO), Receivable Turnover (RTO) dan Debt To Equity (DER) memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap Return on assets pada perusahaan Perusahaan Pertambangan batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017- 2021. Variabel yang dipengaruhi disebut.variabel terikat dan dalam penelitian ini adalah Return on Asset (ROA).Metode dalam pengambilan sampel, menggunakan metode judgemental atau purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur sub sektor energi yang terdaftar di BEI 2017-2021. Hasil seleksi data dengan menggunakan metode purposive sampling menyatakan bahwa, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak  6 perusahaan dan karena menggunakan jangka waktu penelitian 5 tahun maka jumlah sampel ada 30 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Current Ratio (CR), Inventory Turnover (ITO), Receivable Turnover (RTO) dan Debt To Equity (DER) berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA).

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jiegmk.v13i2.2380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Editorial Office

  • Faculty of Economics
  • Level 6, Universitas Indo Global Mandiri, Palembang
  • Jl. Jend. Sudirman KM.4 No.629, 20 Ilir D. IV, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30129.
  • Telpon/Fax: +62711-3227-05
  • Contact :Emilda  (0813-6778-4977)
 
 
 
 
 
Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini  E-ISSN : 2089-6018 P-ISSN : 2502-2024 ,  by http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EGMK MK licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.