Pengaruh Tanggungjawab Aparat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepercayaan Masyarakat Kepada Pemerintah Pada Kecamatan Tugumulyo Musirawas

Laidi Subardi

Abstract


Abstract

This study aims to determine the effect of the responsibility of the apparatus and the quality of service to the level of public confidence to the Government in Tugumulyo District Musirawas. The design of this study using questionnaires filled by 108 respondents. There is a positive influence of responsibilities (X1) and Quality of Service (X2) collectively to the Government's Trustworthiness to the Government (Y). through significance test by using the F distribution, obtained the value of Fhitung equal to 47,8598 while the critical value of Ftable value with degrees of free of denominator 2 denominator 105 on α (0,01) obtained value Ftable equal to 4,79 so it proved that Fhitung (47,8598) > Ftable (4.79). Thus, the variables of responsibility and quality of services together can increase the Community's Trustworthiness Against the Government. There is a positive influence of Responsibility (X1) on Community Trustworthiness to Government (Y). Through the test of significance with t test statistic, obtained tcount value for b1 of 3.453 while ttable with degrees of free 105 at α (0.025) is equal to 1.960. Thus thitung (3.453)> ttable (1,960). This shows that the Responsibility of the Apparatus can increase the Community Trustworthiness to the Government. Meanwhile, based on multiple regression equation is Y = 17,880 + 0,251X1 + 0,475X2, where every increase of 1 (one) score of Responsibility Officer variable can increase 0,251 score of variable of level of Trust of Society to Government assuming service variable can increase 0,475 score variable to the Government assuming the variable of Responsibility of Constituent Apparatus.


Keywords: Personal Responsibility, Quality of Customer Service, Trust of the Government Society

 

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh  tanggungjawab aparat dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepercayaan  masyarakat kepada Pemerintah di Kecamatan Tugumulyo Musirawas. Desain penelitian ini  menggunakan kuesioner yang diisi oleh 108 responden.  Terdapat pengaruh yang positif tanggung jawab (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) secara bersama-sama terhadap Tingkat Kepercayaan Masyarakat Kepada Pemerintah (Y). melalui uji signifikansi dengan menggunakan distribusi   F, diperoleh nilai Fhitung sebesar 47,8598 sementara harga kritis nilai Ftabel dengan derajat bebas pembilang 2 penyebut 105 pada α (0,01) diperoleh nilai Ftabel sebesar 4,79 sehingga terbukti bahwa Fhitung (47,8598) > Ftabel (4,79). Dengan demikian bahwa variabel tanggung jawab dan kualitas pelayanan secara bersama-sama dapat meningkatkan Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah. Terdapat pengaruh yang positif Tanggung  Jawab (X1) terhadap Tingkat Kepercayaan Masyarakat Kepada Pemerintah (Y). Melalui uji signifikansi dengan statistik uji t, diperoleh nilai thitung untuk b1 sebesar 3,453 sedangkan ttabel dengan derajat bebas 105 pada α (0,025) adalah sebesar 1,960. Dengan demikian thitung (3,453) > ttabel (1,960). Hal ini menunjukkan bahwa Tanggung Jawab Aparat dapat meningkatkan Tingkat Kepercayaan Masyarakat Kepada Pemerintah. Sedangkan berdasarkan persamaan regresi berganda adalah Y = 17,880 + 0,251X1 + 0,475X2, dimana setiap kenaikan 1 (satu) skor variabel Tanggung Jawab Aparat dapat meningkatkan 0,251 skor variabel tingkat Kepercayaan Masyarakat kepada Pemerintah dengan asumsi variabel Pelayanan dapat meningkatkan 0,475 skor variabel Tingkat Kepercayaan Masyarakat kepada Pemerintah dengan asumsi variabel Tanggung Jawab Aparat Konstan.


Kata Kunci: Tanggung Jawab Pribadi, Kualitas Layanan Pelanggan, Kepercayaan Masyarakat Pemerintah


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2001.Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan Praktek Jakarta : Rineka Cipta.

Kuncoro. Mudrajad 2003, Mrtode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Jogjakarta : Erlangga.

Magnis – Suseno, Frans.1991, Etika Politik : Prinsip – prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern, Jakarta : Bumi Aksara.

Ndraha, Talizidu,2000. Budaya Pemerintahan dan Dampaknya Terhadap Pelayanan Kepada masyarakat” Jurnal Ilmu Pemerintahan, Edisi ke 3, Jakarta : MIPI.

Peter J. Paul dan Jerry C. Olson; Damos Sihombing(Penrjemah). 2000. Customer Behavior (Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran), Jild 2, Jakarta : Erlangga.

Sedarmayanti,2001. Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja, Bandung: CV Mandar Maju.

Siagian, Sondang P. 1999. Manajemen sumber daya Manusia , Jakarta : Bumi Aksara.

Spiro, Herbert J.1999, Responsibility In Government : Theory And Practice, New York : Van Nostrand Reinhold Co.

Suhariyoko, 2006, Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap guru matematika dalam pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kecamatan Purwodadi. Magister Manajemen Pendidikan Universitas Bengkulu

Sutopo, 2003. Pelayanan Prima,Jakarta : Lembaga Adminitrasi Negara

Thomson, Dennis F, Benyamin Mola (pen).2000 Political Ethics And Public Officer, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Tjiptono, Fandy.1996, Manajemen Jasa, Jogyakarta : Andi.

, 1999, Prinsip – prinsip Total Quality service (TQS), Yogyakarta : Andi.

Triguno. 2000. Budaya Kerja Mencipta Lingkungan yang Kondusif untuk Meningkatkan produktivitas Kerja, Jakarta : PT Golden Terayon Press.

Yudhoyono, Bambang.2001. Otonomi Daerah Desentralisasi dan Pengembangan SDM Aparatur Pemda dan Anggota DPRD, Jakarta : Pustaka Sinar harapan

Undang – undang Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah.

Undang – undang Nomor 5 Tahun 2004 Tentang Pembentukan organisasi dan Tata Kerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)




DOI: http://dx.doi.org/10.35908/jiegmk.v9i1.434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office

  • Faculty of Economics
  • Level 6, Universitas Indo Global Mandiri, Palembang
  • Jl. Jend. Sudirman KM.4 No.629, 20 Ilir D. IV, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30129.
  • Telpon/Fax: +62711-3227-05
  • Contact :Risqo  (0821-8454-5011)
 
 
 
 
 
Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini  E-ISSN : 2089-6018 P-ISSN : 2502-2024 ,  by http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EGMK MK licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.