Strategi Digital Marketing dalam Perdagangan Hasil Tani untuk Meningkatkan Pendapatan Kabupaten Karawang

Authors

  • Indah Krisnawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ibnu Auf Ubaidi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hanif Rais Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Reminta Lumban Batu Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jiegmk.v10i2.838

Abstract

ABSTRACT

Karawang Regency is known as a national rice granary city where many people earn a living in the agricultural sector. Agriculture is one of the drivers of the national economy. The economic progress of a region can be seen from the aggregate economic growth which can be calculated through the Gross Regional Domestic Product (GRDP) which is weighted on average from the level of sectoral growth. Gross Regional Domestic Product (GRDP) is one of the measurement tools used to describe the level of development success. One of the outputs from the agricultural sector that is the mainstay of Karawang Regency's food crops is rice (rice), rice production and productivity in Karawang regency which functions fluctuatively and continues to increase every year, thus making farmers have to have a strategy in marketing more modern and efficient result . Digital Marketing is a marketing method that makes it easy for farmers to monitor and provide all the needs and desires of prospective consumers, prospective consumers can also find and get product information only by exploring the virtual world so as to facilitate the search process. The purpose of this research is to learn more about digital marketing strategies in trade in agricultural products to increase regional income Karawang Regency. This research data analysis technique uses descriptive analysis and verification. Determination of taking the number of respondents (samples) is done through the cluster sampling method. Testing this study uses PLS (Partial Least square). The results show that the digital marketing variable has a positive role of 42.8% of income and the negative competitiveness variable of 45.9% of income.

Keywords : Digital Marketing, Competitiveness, IncomeABSTRAK

Kabupaten Karawang dikenal sebagai kota lumbung padi nasional dimana banyak masyarakat bermata pencaharian disektor pertanian. Pertanian merupakan salah satu roda penggerak perekonomian nasional. Kemajuan perekonomian suatu daerah dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi secara agregat yang dapat dihitung melalui Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang rata-rata tertimbang dari tingkat pertumbuhan sektoralnya. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan salah satu alat ukur yang digunakan untuk menggambarkan tingkat keberhasilan pembangunan. Salah satu output dari sektor pertanian yang menjadi andalan dari tanaman pangan Kabupaten Karawang adalah beras (padi), Produksi dan produktivitas padi di kabupaten Karawang yang berfungsi fluktuatif dan terus meningkat setiap tahun, sehingga membuat petani harus memiliki strategi dalam memasarkan hasil yang lebih modern dan efesien. Digital Marketing merupakan suatu cara pemasaran yang memudahakan para petani memantau dan menyediakan segala kebutuhan dan keinginan calon konsumen, calon konsumen juga bisa mencari dan mendapatkan informasi produk hanya dengan cara menjelajah dunia maya sehingga mempermudah proses pencariannya Tujuan Penelitian ini untuk mempelajari lebih lanjut strategi pemasaran digital dalam perdagangan hasil tani untuk meningkatkan pendapatan daerah Kabupaten Karawang. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskripstif dan verifikatif. Penentuan pengambilan jumlah responden (sampel) dilakukan melalui metode cluster sampling. Pengujian penelitian ini menggunakan PLS (Partial Least square). Hasil menunjukkan bahwa variabel pemasaran digital berperan positif 42,8% terhadap pendapatan dan sedangkan variabel daya saing negatif 45,9% terhadap pendapatan.

Kata kunci : Digital Marketing, Daya Saing, Pendapatan

Author Biographies

Indah Krisnawati, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Manajemen

Ibnu Auf Ubaidi, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Manajemen

Hanif Rais, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Manajemen

Reminta Lumban Batu, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Manajemen

References

Aisyah, A. N. 2018. Penerapan Digital Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Sektor Kreatif Di Indonesia Dan Malaysia. Essentials of Marketing Management, 298–307. https://doi.org/10.4324/9781315177014-11

Anshari, M. F., & Mahani, S. E. 2018. Pengaruh Digital Marketing dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying pada Situs Berrybenka . com ( Studi Kasus pada Masyarakat Kota Bandung ), 1174–1179.

Barat, B. P. S. J. 2018. Indikator Statistik Terkini, (Disember), 2–23. Retrieved from http://www.motac.gov.my/muat-turun/send/11- homestay/65-statistik-homestay-sehingga- disember-2018

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Hasibuan, J. S. 2013. Analisis Kontribusi Sektor Industri Terhadap PDRB Kota Medan. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 3(1), 53–61. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ekawan/article/vi ew/230/pdf_24

Holliman, G., & Rowley, J. 2014. Business to business digital content marketing: Marketers’ perceptions of best practice. Journal of Research in Interactive Marketing, 8(4), 269–293. https://doi.org/10.1108/JRIM-02-2014-0013

Lakutomo, G. 2014. Analisis Pemasaran Terhadap Bisnis Online (E-Commerce) Dalam Jaringan sosial Internet, 317–331.

Liputan6.com. 2019. 10 Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Mahasiswa Wajib Tahu - News Liputan6.com. Retrieved June 22, 2019, from https://www.liputan6.com/news/read/3867330/10- perbedaan-penelitian-kualitatif-dan-kuantitatif mahasiswa-wajib-tahu.

Manek, D. 2013. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Perusahaan Pengolahan Di Kota Semarang. Sains Pemasaran Indonesia, XII(2), 121–148.

OVILIA, A. V. 2018. Pengaruh Sektor Pertanian Dan Sektor Perdagangan Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (Pdrb) Kabupaten Pringsewu Periode 2008-2016 Dalam Perspektif Ekonomi Islam, III, 224–234.

Pradiani, T. 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Reminta Lumban Batu. 2013. Analisis Citra Perguruan Tinggi Amerika Serikat Terhadap Keputusan Untuk Melanjutkan Studi (Survei Pada Komunitas Persatuan Mahasiswa Indonesia Di Amerika Serikat) Universitas Pendidikan Indonesia, 48–72.

Rohmanudin. 2017. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing (Studi Pada Industri Mebel di Kecamatan Wayhalim Kota Bandar Lampung), (December).

Saveria, R. A. 2016. Analisis Digital Marketing Dalam Strategi Integrated Marketing Communication Kampanye Politik (Studi Kasus Komunitas Teman Ahok).

Siwu, H. F. D. 2018. Strategi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi daerah, 1–11.

Sora N. 2015. Pengertian Populasi Dan Sampel Serta Teknik Sampling - Pengertian Apapun. Retrieved November 11, 2018, from http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian- populasi-dan-sampel-serta-teknik-sampling.html

Susanto, A., Susilo, H., Administrasi, F. I., & Malang, U. B. 2013. Penggunaan Web Sebagai Salah Satu Pendukung Strategi Pemasaran Produk Oleh Perusahaan Kusuma Agro Industri Batu. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(2), 1–11.

Ulil Azmi, M. 2016. Pengaruh Program Komunikasi Pada Digital Marketing Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Situs Lazada.Co.Id. Program Studi Ilmu Komunikasi Falsafah Dan Peradaban Paramadina. Retrieved from https://ulilazmiportofolio.files.wordpress.com/2017 /09/skripsi-lazada-paramadina.pdf

Wibowo, J. B. 2018. Analisis Perbandingan antara Pendapatan Driver Go-Jek Full Time dan Upah Minimum Regional Kota Studi Kasus di Kota Yogyakarta, III, 224–234.

Wulandari, A. A. R., & Darsana, I. B. 2017. Pengaruh Modal , Tenaga Kerja , Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Pengrajin Industri. E-Jurnal Ep Unud,

(4), 564–596.

www.karawangkab.go.id. 2019. Di Usia 382 Tahun

Kabupaten Karawang Semakin Memantapkan Kiprahnya Dalam Pembangunan Dengan Berbagai Prestasi | Situs Resmi - Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang. Retrieved June 22, 2019, from https://www.karawangkab.go.id/headline/di- usia-382-tahun-kabupaten-karawang-semakin- memantapkan-kiprahnya-dalam-pembangunan- dengan-berbagai-prestasi.

Downloads

Published

2019-12-16

How to Cite

Krisnawati, I., Ubaidi, I. A., Rais, H., & Batu, R. L. (2019). Strategi Digital Marketing dalam Perdagangan Hasil Tani untuk Meningkatkan Pendapatan Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 10(2), 70–75. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v10i2.838

Issue

Section

Articles