Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Internet, Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Berwirausaha Online Mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang

Dian Septianti, Melia Frastuti

Abstract


ABSTRACT

This study aims to analyze the influence of the use of internet-based media, intrinsic motivation and extrinsic motivation on the online entrepreneurial interest of Tridinanti University Palembang students. Data analysis methods used are qualitative and quantitative, with primary and secondary data sources in the form of questionnaires, interviews and documentation. The population in this study were all students of the University of Tridinanti Palembang with the sampling technique is sampling proportionate stratified random sampling, while the samples obtained amounted to 100 respondents. The results showed that there was a significant influence between the use of internet-based media, intrinsic motivation and extrinsic motivation on the online entrepreneurial interest of Palembang Tridinanti University students simultaneously with Sig 0,000. While partially also found the influence of the use of internet-based media, intrinsic motivation and extrinsic motivation, where the use of internet-based media is the most influential variable on online entrepreneurial interest.

Keywords: Use of Internet-Based Media, Intrinsic Motivation, Extrinsic Motivation, Online Entrepreneurial Interest

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media berbasis internet, motivasi intrinsik da motivasi ekstrinsik terhadap minat berwirausaha online mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif, dengan sumber data primer dan sekunder berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang dengan teknik sampling adalah sampling proportionate stratified random sampling, adapun sampel yang diperoleh berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media berbasis internet, motivasi intrinsik da motivasi ekstrinsik terhadap minat berwirausaha online mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang secara simultan dengan Sig 0,000. Sedangkan secara parsial juga ditemukan pengaruh penggunaan media berbasis internet, motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik, dimana penggunaan media berbasis internet menjadi variabel yang paling berpengaruh terhadap terhadap minat berwirausaha online.

Kata kunci: Penggunaan Media Berbasis Internet, Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Minat Berwirausaha Online


Full Text:

PDF

References


Alwi Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Diarti Rosiatiningsih. 2014. Penggunan Internet di Indonesia Tembus 100 Juta. http://marketplus.co.id/2014/02/pengguna- internet-indonesia-tembus-100-juta/., diakses 22 Maret 2019.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayat Masyur. 2019. 10 Negara Pengguna Internet di Dunia Termasuk Indonesia. https://www.era berita.com/10-negara-pengguna-internet-terbesar-di-dunia-termasuk-indonesia/., diakses

April 2019.

https://forlap.ristekdikti.go.id., diakses pada 21 Maret

Imam Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate

dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8), Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kumparan Bisnis. 2017. Jumlah Wirausaha Indonesia Masih 3.1 Persen dari Populasi https://kumparan.com/@kumparanbisnis/jumlah- wirausaha-indonesia-baru-31persen -dari- populasi., diakses 22 maret 2019.

Muhammad Adri. 2008. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Media pembelajaran. http:/ilmukomputer .org/wp- content/uploads/2008/01/adri-multimedia- pengajaran.pdf, diakses 20 Maret 2019.

Nana Syaodih Sukmawinata. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Rifkhan. 2016. Pengaruh Sikap, dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntasi Universitas Pamulang. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Jilid 5 Terbitan 1. Universitas Pamulang.

Sadirman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar- Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Singgih D. Gunarsa. 2008. Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suhardi. 2013. The Science of Motivation (Kitab Motivasi). Jakarta: PT Gramedia.

Wedayanti, N.P.A.A., & Giantari, I.G.A.K. 2016. Peran Pendidikan Kewirausahaan dalam Memediasi Pengaruh Norma Subyektif Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen, Vol. 05, No. 01. Bali: Universitas Udayana. Diunduh dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/16295/11544, diakses 22 Maret 2019.

Wulandari, S. (2013). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa Kelas XII di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol. 1 No. 1. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Yoannasiagian. 2017. Wirausaha (Entreprenuer). https://yoanasiagian.wordpress.com/., diakses 21 Maret 2019.

Yuhelizar. 2008. 10 Jam Menguasai Internet Teknologi dan Aplikasinya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.35908/jiegmk.v10i2.871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Editorial Office

  • Faculty of Economics
  • Level 6, Universitas Indo Global Mandiri, Palembang
  • Jl. Jend. Sudirman KM.4 No.629, 20 Ilir D. IV, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30129.
  • Telpon/Fax: +62711-3227-05
  • Contact :Risqo  (0821-8454-5011)
 
 
 
 
 
Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini  E-ISSN : 2089-6018 P-ISSN : 2502-2024 ,  by http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EGMK MK licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.