PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS VII SMPN 1 AIR KUMBANG BANYUASIN MELALUI METODE OUTDOOR STUDY

Authors

  • Edi Suryadi Indo Global Mandiri University
  • Ahmad Tarmizi Ramadhan

DOI:

https://doi.org/10.36982/jge.v3i1.21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VII SMPN 1 Air Kumbang melalui metode Outdoor Study. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan pelaksanan mulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian siklus I berlangsung pada tanggal 1 - 8 Agustus 2014 dan siklus II tanggal 27 – 30 Agustus 2014. Jumlah siswa sebagai subjek penelitian 31 orang. Data yang dikumpulkan terdiri atas data hasil pengamatan aktivitas siswa dan hasil tes akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian adalah jika 85% siswa telah mampu menulis puisi bebas mencapai KKM ≥ 70, kemudian 75% mampu mengikuti aktivitas belajar yang diukur melalui observasi. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa pada siklus/tindakan I rata-rata  71,91 dan taraf ketuntasan belajar sebesar 64,52%. Pada siklus/tindakan II memiliki nilai rata-rata 82,87 dan taraf ketuntasan belajar sebesar 93,55%. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VII SMPN 1 Air Kumbang melalui metode Outdoor Study meningkat. Untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas dilakukan dengan mengungkapkan perasaan serta pikiran setiap siswa pada aspek penghayatan, pelafalan dan pengintonasian, dan penampilan. Persepsi siswa terhadap penggunaan metode Outdoor Study dalam pembelajaran menulis puisi bebas cukup baik.

Author Biographies

Edi Suryadi, Indo Global Mandiri University

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Ahmad Tarmizi Ramadhan

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

References

Amini, R & Munandar. A. (2010). “Keterampilan calon guru sekolah dasar dalam pembelajaran pendidikan lingkungan berbasis Outdoorâ€. Makalah dimuat dalam http://file.upi.edu. Bandung: UPI.

Aqib, Zainal, & Jaiyaroh, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Kemdiknas. (2012). Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2012. Jakarta: Dirjen Pendidikan Menengah.

Munandar, U. (2011). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Rohmad. (2007). “Peningkatan kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas V SDN 1 Kupuk Melalui teknik sumbangkataâ€. Skripsi. Tidak diterbitkan. Malang: Universitas Islam.

Sukma, E. (2007). “Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa Kelas V SD Negeri Sumbersari III Malang dengan strategi pemetaan pikiranâ€. Jurnal Diksi Vol. 14 No. 1, Januari 2007.

Suyatno. (2004). Teknik pembelajaran bahasa dan sastra. Surabaya: SIC.

Syawiji. (2009). “Metode outdoor learning dan peningkatan aritmetika sosialâ€. Jurnal Dinamika, Volume 9, Nomor 1, Juli 2009.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis. Bandung: Angkasa.

Tohar, M. A. (2009). “Pengajaran puisi disekolahâ€. http://dalharindo.wordpress.com. [Online] diunduh tanggal 2 Januari 2013 pukul 12.50 WIB.

Vera, A. (2012). Metode mengajar di luar kelas (Outdoor study). Yogyakarta: Diva Press.

Downloads

Published

2014-07-30

How to Cite

Suryadi, E., & Ramadhan, A. T. (2014). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS VII SMPN 1 AIR KUMBANG BANYUASIN MELALUI METODE OUTDOOR STUDY. Global Expert: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(1). https://doi.org/10.36982/jge.v3i1.21

Issue

Section

Articles