RANCANG BANGUNSISTEM INFORMASI MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN PADA PT. ABC MENGGUNAKAN SMS GATEWAY
Abstract
Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi yang dapat digunakan untuk menambah tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan oleh PT. ABC kepada pelanggan melalui media SMS Gateway. Tujuan penelitian ini adalah membantu PT.ABC untuk membantu dalam mempertahankan dan melayani pelanggan sehingga mereka lebih loyal serta dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Metode RUP (Rational Unified Process) digunakan dalam pengembangan sistem ini yang terdiri dari fase Inception, fase Elaboration, fase Construction dan fase Transition. Hasil pengembangan sistem ini dapat membantu PT. ABC menerapkan CRM didalam kegiatan bisnisnya dengan memanfaatkan SMS Gateway.
Kata Kunci : CRM (Customer Relationship Management), SMS Gateway, Metode RUP (Rational Unified Process)
Full Text:
PDFReferences
AS, Rosa 2013, modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak, Modula, Bandung
Buttle, Francis 2011, Customer Relationship Management Manajemen Hubungan Pelanggan), Bayumedia, Jakarta
Fransiska, N dan Daniel 2012, Skripsi Aplikasi Pengelolaan CRM pada CV Jakaharta, STMIK MDP, Palembang.
Komputer, Wahana 2010, Belajar Pemograman Visual Basic 2010, Elex Media Komputindo, Semarang
Sadeli, Muhammad 2012, Aplikasi SMS dengan Visual Basic 6.0 n Visual Basic 2010, Maxikom, Palembang.
Sutabri, Tata 2012, Analisis Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jiig.v4i2.372
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
- study program in visual communication design
- Universitas Indo Global Mandiri, Palembang
- Jl. Jend. Sudirman KM.4 No.629, 20 Ilir D. IV, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30129.
- Telpon/Fax: +62711-3227-05
- Contact :Ahmad Sanmorino (087898273838)
Jurnal Informatika Global
E-ISSN: 2477-378 P-ISSN: 2302-500X, http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/IG
MK licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.