Aplikasi Pengamanan Informasi Menggunakan Metode Least Significant Bit (Lsb) dan Algoritma Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES)

Authors

  • Dian Novianto STMIK Atma Luhur
  • Yohanes Setiawan STMIK Atma Luhur

DOI:

https://doi.org/10.36982/jiig.v9i2.561

Abstract

Abstract

There are several security aspects of the data that must be maintained, such as: authentication, integrity, non repudiation, authority, confidentialty, privacy and access control. One of the vulnerable parts of data security is when sending data to the destination. At the time of delivery, tapping of data can occur, so that people who are not entitled to get that information can find out. Therefore, an information needs to be secured so that only people who have access rights can know or get that information. And to maintain the confidentiality of the information, one of the ways is to insert the data into other objects, so that other people do not realize if the object contains important data or information. This hiding method is also known as steganography, and cryptography is added to strengthen the security of the data, that is a science and art to maintain the confidentiality of the message by encoding it in a form that is incomprehensible. The method used in steganography is Least Significant Bit (LSB), the algorithm used in cryptography is the Advanced Encryption Standard (AES), and the software development method used is prototype. The results of this study are all aspects of data security can be achieved, including when passing through the process of sending data through media such as the internet.

Keyword: Steganography, Criptography, Prototype.

Abstrak

Ada beberapa aspek keamanan data yang harus dijaga, seperti: otentikasi, integritas, non repudiation, otoritas, kerahasiaan, privasi, dan kontrol akses. Salah satu bagian yang rentan dari keamanan data adalah ketika mengirim data ke tujuan. Pada saat pengiriman, penyadapan data dapat terjadi, sehingga orang yang tidak berhak mendapatkan informasi tersebut dapat mengetahuinya. Oleh karena itu, suatu informasi perlu diamankan sehingga hanya orang yang memiliki hak akses yang dapat mengetahui atau mendapatkan informasi tersebut. Dan untuk menjaga kerahasiaan informasi, salah satu caranya adalah dengan memasukkan data ke objek lain, sehingga orang lain tidak menyadari jika objek tersebut berisi data atau informasi penting. Metode persembunyian ini juga dikenal sebagai steganografi, dan kriptografi ditambahkan untuk memperkuat keamanan data, yaitu ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan pesan dengan menyandikannya dalam bentuk yang tidak dapat dipahami. Metode yang digunakan dalam steganografi adalah Least Significant Bit (LSB), algoritma yang digunakan dalam kriptografi adalah Advanced Encryption Standard (AES), dan metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah prototipe. Hasil dari penelitian ini adalah semua aspek keamanan data dapat dicapai, termasuk ketika melewati proses pengiriman data melalui media seperti internet.

Kata kunci: Steganografi, kriptografi, Prototipe

Author Biographies

Dian Novianto, STMIK Atma Luhur

Program studi Teknik Informatika

Yohanes Setiawan, STMIK Atma Luhur

Program studi Teknik Informatika

References

Ariyus, Dony. 2008. Pengantar Ilmu Kriptografi: Teori Analisis & Implementasi. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Syaiful Anwar, 2017, Implementasi Pengamanan Data Dan Informasi Dengan Metode Steganografi LSB Dan Algoritma Kriptografi AES, Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan.

Gede Wisnu Bhaudhayana dan I Made Widiartha, 2015, Implementasi Algoritma Kriptografi AES 256 Dan Metode Steganografi LSB Pada Gambar Bitmap, Universitas Udayana, Denpasar.

Ami Aisiah Ibrahim, 2017, Perancangan Pengamanan Data Menggunakan Algoritma AES (Advanced Encyption Standard), STMIK Antar Bangsa, Tanggerang.

Indra Suryanto, Drs. Cucu Suhery, M.A., dan Yulrio Brianorman, S.Si., M.T., 2017, Pengembangan Aplikasi Chat Messenger Dengan Metode Advanced Encryption Standard (AES) Pada Smartphone, Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Chandra, A., Raharjo, W. S., dan Tampubolon, J. K., 2015, Implementasi steganografi dengan metode end of file pada teks yang terenkripsi menggunakan block cipher rivest code-6 ke dalam citra, Jurnal Teknik Universitas Kristen Duta Wacana, No.1, Vol.11,:https://labti.ukdw.ac.id/ojs/index.php/informatika/article/view/

Roger, S. Pressman, Ph.D., 2012, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi), Ed.7, diterjemahkan oleh Andi, Yogyakarta.

Novianto, Dian. 2017. Optimasi Waktu Query Dan Filtering Nama Domain Pada Dns Server Lokal Menggunakan Bind 9. Jurnal Ilmiah Informatika Global Vol. 8 No.1 : http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/IG/article/view/320

Downloads

Published

2019-01-22

How to Cite

Novianto, D., & Setiawan, Y. (2019). Aplikasi Pengamanan Informasi Menggunakan Metode Least Significant Bit (Lsb) dan Algoritma Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES). Jurnal Ilmiah Informatika Global, 9(2). https://doi.org/10.36982/jiig.v9i2.561

Issue

Section

Articles