Sistem Informasi Penjualan Mobil Berbasis Web dengan Memanfaatkan Metode Visual Architecting ProcessTM (Studi Kasus : CV. Cahaya Mobilindo)

Authors

  • Hendra Di Kesuma Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jiig.v9i2.582

Abstract

Abstract

This research explores how architectural needs can be analysed and priorities determined to create the right architecture. Moreover, validation of the architecture can be done at the same time to ensure that the architects and stakeholders agree that the chosen architecture is the most appropriate.

The purpose of this study is to analyze and design an application mobile phones, using a visual methods architecting process based on FlashliteTM, to help consumers wishing to buy a car to research their intended purchase. Software tools can be designed using the Visual Architecting ProcessTM and implemented with the programming language PHP and Actionscript. This study concludes that clients who use mobile devices can successfully interact with a server that contains detailed information about a car and register their interests with the seller at the same time.

 Keywords: Visual Architecting Process™ Methods, flashlite, information system

 Abstrak

Metode Visual Architecting Processâ„¢ yang diusulkan oleh Bredemeyer Consulting mencakup teknik-teknik yang meliputi pemodelan arsitektur dan analisa untung-rugi (trade-off) yang digunakan dalam pembuatan arsitektur secara teknis. Metodologi ini mencakup bagaimana menganalisa kebutuhan-kebutuhan arsitektur dan menentukan prioritasnya untuk menciptakan arsitektur yang benar sekaligus melakukan validasi arsitektur sehingga memastikan bahwa arsitek dan stakeholders setuju bahwa arsitektur yang dihasilkan sungguh-sungguh arsitektur yang benar.

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu aplikasi penjualan mobil dengan memanfaatkan metode Visual Architechting Process yang mampu menyediakan layanan informasi yang ditanam pada handphon teknologi flashlite dan memberikan kemudahan dalam hal berpromosi dan melakukan perhitungan kredit.

Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa client yang menggunakan mobile device dapat berinteraksi dengan server yang memuat informasi tentang mobil secara lengkap dan dapat melakukan registrasi secara langsung pada saat ingin  memesan dengan memanfaatkan service yang dibangun. Perangkat lunak dapat dibuat dengan menggunakan perancangan dengan metode Visual Architecting Process™ dan mengimplementasikannya dengan bahasa pemrograman PHP dan Actionscript.

Kata kunci : Metode Visual Architecting Processâ„¢, flashlite, sistem informasi

Author Biography

Hendra Di Kesuma, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Manajemen Informatika

References

Bennett, S., McRobb, S., dan Farmer, R., 2006. Object-Oriented Systems Analysis and Design Using UML, Edisi 3, The McGraw-Hill Companies, United Kingdom.

Essential Strategies, Inc., 1999, The Unified Modeling Language (UML), http://www.essentialstrategies.com/publications/modeling/uml.htm, diakses tanggal 15-01-2010

Estes, R., 1996, Kamus Akuntansi, Edisi 2, (diterjemahkan oleh Nugroho Widjajanto), PT. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Fowler, M., 2005, UML Distilled, Edisi 3, (diterjemahkan oleh : Tim Penerjemah Penerbit ANDI), PT. ANDI, Yogyakarta.

Hairuddin, 2009, Implementasi Web Service Pada Jadwal Kereta Api Dengan Aplikasi Client Menggunakan J2ME, Tesis, Program Magister Ilmu Komputer Sekolah Pascasarjana Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Imamuddin, A., 2007, Rancangan Database Storage Engine Menggunakan Data Dalam Format XML, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007 (SNATI 2007), Yogyakarta, 16-06-2007.

Kesuma, H.D. dan Windi, 2006, Aplikasi Simulasi Penjualan Mobil Secara Kredit Berbasis Flash Lite, Skripsi, STMIK GI MDP, Palembang.

Kotler, P dan Amstong, G., 1998, Marketing: An Introduction, Edisi 3, Prentice-Hall Inc, New Jersey.

Malan, R dan Bredemeyer, D., 2003, The Visual Architecting Processâ„¢, http://www.bredemeyer.com/pdf_files/WhitePapers/VisualArchitectingProcess.pdf, diakses pada 22-12-2008.

Mulyadi, 2001, Sistem Akuntansi, Edisi 3, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN, Yogyakarta.

Pressman, R., 2002, Rekayasa Perangkat Lunak, Edisi Pertama, Andi Offset, Yogyakarta.

Risdianto, E., 2008, Pemanfaatan Macromedia Flash dan PHP MySQL Untuk Pembuatan Sistem E-Learning Secara Interaktif dan Dinamis, Tesis, Program Magister Ilmu Komputer Sekolah Pascasarjana Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Rosihan, 2008, Aplikasi SMS dan J2ME Untuk Sistem Pelelangan Hasil Komoditas Pangan, Tesis, Program Magister Ilmu Komputer Sekolah Pascasarjana Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Wijaya, D dan Hutasoit, A.P., 2003, Tip dan Trik Macromedia Flash MX dengan Actionscript, PT. Elexmedia Komputindo, Jakarta.

The Tech Labs, 2009, Creating a Flash Lite Application with Flash CS4 and Actionscript 2.0, http://www.thetechlabs.com/tutorials/flash/creating-a-flash-lite-application-with-flash-cs4-and-actionscript-20/, diakses tanggal 13-01-2010

W3Schools.com, Introduction to XML, http://www.w3schools.com/xml/xml_whatis.asp, diakses tanggal 10-01-2010

Mapquest mQ Developper Network, AS3 Developer Guide, http://www.mapquestapi.com/sdk/as/, diakses tanggal 04-04-2010

Downloads

Published

2019-02-28

How to Cite

Kesuma, H. D. (2019). Sistem Informasi Penjualan Mobil Berbasis Web dengan Memanfaatkan Metode Visual Architecting ProcessTM (Studi Kasus : CV. Cahaya Mobilindo). Jurnal Ilmiah Informatika Global, 9(2). https://doi.org/10.36982/jiig.v9i2.582

Issue

Section

Articles