Analisis Hubungan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dengan Minat Belajar Siswa

Marini Nur Aina, Jenie Sundari

Abstract


ABSTRACT

The sophistication of information technology now be utilized for various aspects, among them educational aspects. Where this technology is used for teachers and students. Which aims to provide other methods of learning, so that students are expected to be more interested in receiving learning materials. The purpose of this study is to analyze whether there is a relationship between the mediaof information technology-based learning with student interest by respondent teachers and students. This study is a research type of explanation, because this research is intended to explain the variables by testing the hypothesis that has been formulated previously. The study population was all teachers and students of class VI of the 75 teachers and 184 students, with the sample used by 43 teachers and 65 students. Data were analyzed using correlation analysis. The research proves the results of the partial test between the variables of Information Technology Based Learning Media (X) with Student Interests (Y) are as follows: partial results for the respondent teachers thitung  of (0.020)> ttable  (0.05) and the value probability equal to 0.353. The conclusion that media information technology-based learning is positively related to the weak student interest by respondent teachers, partial results thitung  for student respondents was (0.020)> ttable (0.05)  and  a  probability  value  of  0.288.  The  conclusion  that  media  information technology-based learning is positively related to the weak interest in student learning based onstudent respondent.

Keywords : Media Information, Information Technology , Interest Learning.

ABSTRAK

Kecanggihan teknologi informasi sekarang dapat dimanfaatkan untuk berbagai aspek, di antaranya aspek pendidikan. Dimana teknologi ini digunakan untuk guru dan siswa. Yang bertujuan untuk memberikan metode lain dalam belajar, sehingga diharapkan siswa lebih tertarik menerima materi belajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat hubungan antara media pembelajaran berbasis teknologi informasi dengan minat belajar siswa berdasarkan responden guru dan siswa. Penelitian ini merupakan tipe penelitian penjelasan, karena penelitian ini bermaksud menjelaskan variabel-variabel melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Populasi penelitian ini adalah semua guru dan siswa kelas VI yang berjumlah 75 guru dan 184 siswa, dengan sampel yang digunakan sebanyak 43 guru dan 65 siswa. Data di analisa dengan menggunakan analisa korelasi. Hasil penelitian membuktikan  hasil  uji  secara  parsial  antara  variabel-variabel  Media  Pembelajaran Berbasis  Teknologi  Informasi  (X)  dengan  Minat  Belajar  Siswa  (Y)  adalah  sebagai berikut: secara parsial hasil thitung untuk responden guru sebesar (0,035) < ttabel (1,683) dan nilai probabilitas sebesar 0,322. Kesimpulannya bahwa media pembelajaran berbasis teknologi informasi mempunyai hubunganyang cukup dengan minat belajar siswa berdasarkan responden guru, secara parsial hasil thitung  untuk responden siswa sebesar (0,120) < ttabel (1,6694) dan nilai probabilitas sebesar 0,195. Kesimpulannya bahwa media pembelajaran berbasis teknologi informasi mempunyai hubungan yang lemah dengan minat belajar siswa berdasarkan responden siswa.

Kata kunci : media pembelajaran, teknologi informasi, minat belajar

Full Text:

PDF

References


Rusman, Deni Kurniawan, dan Cepi Riyana. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta. PT Rajawali Pers.

Zabir Azhari, Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang. 2018.

Sukarno Zulfikar Adilla, Prih Hardinto. Pengaruh Penggunaan Gadget, minat belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Kepanjen.

Hamalik, Oemar. 1990. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung. Tarsito Asmani, Jamal. 2014. Tips Membangun Komunitas Belajar di Sekolah. Jogjakarta. DIVA Press.

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Pers.

Slameto. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta. 1995.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009), hal. 65.

Ngalim Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Alpabeta. Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jiig.v10i1.730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office

  • study program in visual communication design
  • Universitas Indo Global Mandiri, Palembang
  • Jl. Jend. Sudirman KM.4 No.629, 20 Ilir D. IV, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30129.
  • Telpon/Fax: +62711-3227-05
  • Contact :Ahmad Sanmorino (087898273838)
 
 
 
 
   
  

Jurnal Informatika Global

E-ISSN2477-378 P-ISSN: 2302-500X, http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/IG

MK licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.