Analisis Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna dengan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: Rumah Wisata Keramik F.Widayanto Depok

Authors

  • Imron Imron Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.36982/jiig.v10i1.733

Abstract

ABSTRACT

Indonesia's current position in ceramic production is in the 7th position in the world. Indonesia is the world's top 10 ceramic users. With the current production capacity of ceramic machinery installed in the country, quantity and quality can meet domestic development needs. 87% of production is sold domestically. The biggest exports to Southeast Asian and Middle East countries are 12-13%. Information dissemination activities carried out by the Ceramics Tourism House company F. Widayanto to the general public by using the website, www.fwidayanto.com. This information is very influential on user satisfaction both in terms of benefits or fields or facilities offered to users. In the preparation of this thesis the author limits the problem to the scope of the problem under study, namely examining the website of the Rumah Wisata Keramik F. Widayanto by using the Webqual 4.0 method which consists of dimensions (usability, information quality and quality of service interactions). The calculation results obtained by the Cronbach Alpha value for the Information Quality variable of 0.724, for the Usability variable of 0.649, for the Service Interaction Quality variable of 0.715 and for the User Satisfaction variable of 0.816. Thus it can be concluded that the questionnaire is reliable because> 0.60 and can be used for research.

Keywords : Ceramic House, User Satisfaction, Website Satisfaction, Ceramic House, Webqual 4.0,

ABSTRAK

Posisi Indonesia saat ini dalam produksi keramik masuk dalam posisi 7 dunia. Indonesia merupakan pengguna keramik 10 besar dunia. Dengan kapasitas produksi mesin keramik terpasang dalam negeri saat ini, secara kuantitas dan kualitas sudah dapat memenuhi kebutuhan pembangunan dalam negeri. 87% produksi dijual dalam negeri. Ekspor terbesar ke negara Asia Tenggara dan Middle East sebesar 12-13%. Kegiatan penyebaran informasi yang dilakukan oleh perusahaan Rumah Wisata Keramik F. Widayanto kepada masyarakat luas dengan menggunakan website yaitu www.fwidayanto.com. Informasi ini sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna baik dari segi manfaat ataupun bidang atau fasilitas yang ditawarkan kepada pengguna. Dalam penyusunan skripsi ini penulis membatasi permasalahan hanya pada lingkup permasalahan yang diteliti yaitu  meneliti website Rumah Wisata Keramik F. Widayanto dengan menggunakan metode Webqual 4.0 yang terdiri dari dimensi (kegunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi pelayanan). Hasil perhitungan diperoleh nilai Cronbach Alpha  untuk variabel Kualitas Informasi sebesar 0,724, untuk variabel Kegunaan sebesar 0,649, untuk variabel Kualitas Interaksi Pelayanan sebesar 0,715 dan untuk variabel Kepuasan Pengguna sebesar 0,816. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa kuesioner tersebut reliabel karena > 0,60 dan dapat digunakan untuk penelitian.

Kata kunci : Kepuasan Pengguna, Kualitas Website, Rumah Keramik, Webqual 4.0

Author Biography

Imron Imron, Universitas Bina Sarana Informatika

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Administrasi Bisnis

References

amalludin Alhidayah, Sulistiowati, L. J. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode Webqual 4 . 0 Pada Website Stikom Career Center Issn 2338-137X. JSIKA Vol. 5, No. 1. 2016, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.1111/j.1463-1318.2007.01430.x

Muhsin, A., & Zuliestiana, D. A. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Website (Webqual) 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Bukalapak Di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 4(3), 18–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.ijpharm.2012.07.060

Napitupulu, D., Ariani, A. F., & Kadar, J. A. 2016. Analisa Kualitas Website Intra Lipi Berbasis Pendekatan Webqual dan Importance Performence Analysis : Studi Kasus di Satker X Penerimaan masyarakat terhadap penggunaan Internet telah menghasilkan berbagai implikasi untuk sektor publik [ 1 ] . Hal ini meny, (August), 404–419.

Nurwahidin, A., Lestari, U., & Raharjo, S. 2016. Jurnal SCRIPT Vol . 3 No . 2 Juni 2016 ISSN : 2338-6313 Jurnal SCRIPT Vol . 3 No . 2 Juni 2016 ISSN : 2338-6313. Jurnal Teknik Informatika, 3(2), 79–92.

Pada, W., & Narotama, U. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode Issn 2338-137X, 5(11), 1–8.

Setiadi B, S. 2014. Fakultas Teknik – Universitas Muria Kudus 153. Snatif, 153–160. https://doi.org/10.2298/PAN0903301G.

Siagian, H., & Cahyono, E. 2014. Analisis Website Quality, Trust Dan Loyalty Pelanggan Online Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 55–61. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.55-61

Soedijono, B., Fatta, H. Al, Road, J. R., & Catur, C. 2017. Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Inventaris Aset. Jurnal Informasi Interaktif Vol., Vol. 2 (No.2), 84–92. Retrieved from http://e-journal.janabadra.ac.id/index.php/informasiinteraktif/article/viewFile/443/33.

Sugiyono, P. D. 2010. Metode penelitian pendidikan. Pendekatan Kuantitatif.

Sugiyono.2011.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.Bandung:CV Alfabeta.

Syaifullah, & Soemantri, D. O. 2016. Pengukuran Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: CV. Zamrud Multimedia Network). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 19–25.Properties of Fluids. Edinburgh: Blackwell Scientific Publications.

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

Imron, I. (2019). Analisis Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna dengan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: Rumah Wisata Keramik F.Widayanto Depok. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 10(1). https://doi.org/10.36982/jiig.v10i1.733

Issue

Section

Articles