Analisis Pengembangan Website Menggunakan Metode Kano (Studi Kasus: BRSPDF Budi Perkasa Palembang)

Authors

  • Mutiara Jesica Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Gusmelia Testiana Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Sri Rahayu Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.36982/jiig.v10i2.869

Abstract

ABSTRACT

This research was conducted with the aim to find out the categories of attributes on the website of the Social Rehabilitation Center of Persons with Physical Disabilities Budi Perkasa Palembang so that it can be known the steps to improve or add content for development on the website, to determine the level of satisfaction and the level of user disappointment with the website, and to know the priority of applying content for development on the website later using the Kano method. After conducting interviews, Customer Requirements were obtained in the form of Content Home Improvements, Content Profiles Improvement, Online Registration Content Additions, Photo Gallery Content Improvements and Guest Book Content Additions. The results of this study found that the priority of implementing the first content is the addition of Online Registration content in the Must-Be category (with a satisfaction level of 0.375 and a level of disappointment -0.50), followed by improvements to the content of the Home (with a satisfaction level of 0.625 and a level of disappointment -0.625 ) and improvements to the Photo Gallery content (with a satisfaction level of 0.50 and a level of disappointment of -0,625) in the One Dimensional category, and finally the Improvement of the Profile content (with a level of satisfaction of 0.50 and a level of disappointment of -0.375) and the addition of the Guest Book content (with a satisfaction level of 0.50 and a level of disappointment -0.125) which is in the Attractive category.

Keywords : Content, Kano Method, Social Rehabilitation Center for Persons with, Physical Disabilities Budi Perkasa Palembang

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kategori dari atribut atribut dalam website Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Budi Perkasa Palembang sehingga dapat diketahui langkah-langkah perbaikan atau penambahan content untuk  pengembangan pada website, untuk mengetahui tingkat kepuasan dan tingkat kekecewaan pengguna terhadap website, dan untuk mengetahui prioritas penerapan content untuk pengembangan pada website nantinya dengan menggunakan metode Kano. Setelah dilakukan wawancara didapatkan Customer Requirement berupa Perbaikan Content Home, Perbaikan Content Profil, Penambahan Content Pendaftaran Online, Perbaikan Content Galeri Foto dan Penambahan Content Buku Tamu. Hasil dari penelitian ini didapatkan prioritas penerapan content yang pertama adalah penambahan content Pendaftaran Online yang masuk dalam kategori Must-Be (dengan tingkat kepuasan 0,375 dan tingkat kekecewaan -0,50) disusul dengan perbaikan content Home (dengan tingkat kepuasan 0,625 dan tingkat kekecewaan -0,625) dan perbaikan content Galeri Foto (dengan tingkat kepuasan 0,50 dan tingkat kekecewaan -0,625) yang berada pada kategori One Dimensional, dan yang terakhir Perbaikan content Profil (dengan tingkat kepuasan 0,50 dan tingkat kekecewaan -0,375) dan penambahan content Buku Tamu (dengan tingkat kepuasan 0,50 dan tingkat kekecewaan  -0,125) yang berada pada kategori Attractive..

Kata kunci: Content, Metode Kano, Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang, Disabilitas Fisik Budi Perkasa Palembang

Author Biographies

Mutiara Jesica, Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Fakultas Sains dan Teknologi, Program Studi Sistem Informasi

Gusmelia Testiana, Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Fakultas Sains dan Teknologi, Program Studi Sistem Informasi

Sri Rahayu, Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Fakultas Sains dan Teknologi, Program Studi Sistem Informasi

References

Adhandari, Akyuni. 2018. Analisis Kepuasan Pengguna Dalam Penerapan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Kano (Studi Kasus: Universitas Tridinanti Palembang). Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Algifari. 2016. Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan, Metode Importance-Performance Analysis (IPA) dan Model Kano. Yogyakarta: BPFE.

Devani, Vera. Aryo Adi Kuncoro. 2012. Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Perpusatakaan Uin Suska Riau Dengan Menggunakan Metode Kano. Riau: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri. Vol. 10. No. 1.

Feoh, Gerson dan Widagunawan, Putu. 2016. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Situs Web Pemerintah (E-Government) Kabupaten Bandung. Program Studi Teknik Informatika, Sains Dan Teknologi, Universitas Dhyana Pura, Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, Volume 2, Nomor 2, Oktober 2016.

Hutabri, Ellbert. 2015. Penerapan Metode Kano Dalam Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Penerapan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Padang: Jurnal Edik Informatika. ISSN: 2407-0491. Vol VI, 55-63.

Indrayani, Kus. Nofirza. 2011. Aplikasi Metode Kano Dalam Analisis Indikator Pelayanan Rumah Sakit Arifin Ahmad Pekanbaru.Riau: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri. Vol. 9. No. 1.

Kano. 1993. Kano’s Method for Understanding Customer-defined Quality. Center for Quality of Management Journal, Japan, 2.

Muri Yusuf, A. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: KENCANA. ISBN: 978-602-1186-01-5. Vol.4.

Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Putu Agus Eka Pratama, I. 2014. Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika Bandung.

Rahmayuni dkk. 2016. Pemanfaatan Metode Kano Untuk Menilai Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Fungsionalitas Sistem Informasi Kepegawaian (Studi Kasus: AKNP Pelalawan). Padang: Jurnal Inovtek Polbeng. ISSN: 2527-9866. Vol 1, No. 2.

Sahfitri, Vivi. Evi Yulianingsih. 2015. Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Kano. Palembang: Jurnal Ilmiah MATRIK Vol. 17 No. 2, Agustus 2015: 151-162.

Sugiyono, Dr. Prof. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, Dr. Tony. 2018. Manajemen Kualitas Jasa Desain Servqual, QFD, Kano. (Edisi 2). Jakarta: Indeks

Winaya, I Gede, dkk. 2012. Analisis Dan Pemenuhan Kebutuhan Perangkat Lunak Dengan Metode Kano Melalui Pengembangan Berbasis Komponen. Yogyakarta: Semantik 2012. ISBN: 979-26-0255-0.

Yenni, Yusli. 2015. Analisis Kebutuhan Sistem Informasi Pasien Rawat Inap Dengan Menggunakan Metode Kano. Batam: Jurnal Edik Informatika. ISSN: 2407-0491 Vol. 3, 38-48.

Yulianingsih, Evi dan Sahfitri, Vivi. 2015.Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Kano. Palembang: Universitas Bina Darma.

Yulima, Ade. 2018.Analisis Pengembangan Website Yayasan Islam Az-Zahra Palembang Metode Kano. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Downloads

Published

2019-12-21

How to Cite

Jesica, M., Testiana, G., & Rahayu, S. (2019). Analisis Pengembangan Website Menggunakan Metode Kano (Studi Kasus: BRSPDF Budi Perkasa Palembang). Jurnal Ilmiah Informatika Global, 10(2). https://doi.org/10.36982/jiig.v10i2.869

Issue

Section

Articles