Efektivitas Komputerisasi Biro Kepegawaian Sekretariat Propinsi Irian Jaya (Papua)

Herry Gunarto, Agus Darmawan

Abstract


ABSTRACT

Improving  competitive capabilities of Civil Servants has not been regarded as an abstract idea, but it turns to be necessity. Personnel quality and its usage are keys of achieving competitive capabilities.

 Civil servants are parts of apparatus human resource with most dominant role since they turn to be Planner, Executive and Organizer and Controller of National Development. Hence, improving apparatus human resource is urgently demanded and it is un-negotiable. They need continual development in term of improvement on their performance. Therefore, dynamic organization of related personnel will exist.

To this end, complete personnel data with regular maintenance and continual up-dating (rejuvenation) are mostly required. Then, needed as personnel information, the data presumably provides up-to-date personnel information.

Effective computerization will be disturbed when capabilities of personnel handling the program are lower / not reliable to manage the program. Important points related to effective computeratization in the personnel bureau are clear structure of the computerization program and professional support that superiors provide. Professional means that leaders / superiors are those who always base their decision made on common principles. It means that most of the time they emphasize common interest and are willing to listen aspirations of their subordinates. It is said professional since they master completely their field based on achievement. Important thing that professional person to have is high attitude / dedication and commitment.

Three variables (i.e. personnel capabilities, structure and leader professionalism) mostly influence computerization program implemented in the  personnel bureau. In short, effective computerization in the personnel bureau can be well implemented when it is supported by the three factors mentioned and even other factors.

Keywords : Computer effectvivenes, staffing bureau. 

ABSTRAK

Meningkatkan kemampuan kompetitif PNS tidak dianggap sebagai ide abstrak, tetapi ternyata menjadi kebutuhan. Kualitas personil dan penggunaannya adalah kunci untuk mencapai kemampuan kompetitif.

PNS adalah bagian dari aparat sumber daya manusia dengan peran paling dominan sejak mereka berpaling menjadi perencana, eksekutif dan Organizer dan pengendali pembangunan nasional. Oleh karena itu, meningkatkan peralatan sumber daya manusia sangat menuntut dan itu adalah un-negotiable. Mereka membutuhkan pengembangan terus-menerus dalam hal peningkatan kinerja mereka. Oleh karena itu, dinamis organisasi personil terkait akan ada.

Untuk tujuan ini, data personil lengkap dengan pemeliharaan rutin dan terus-menerus up-dating (peremajaan) sebagian besar diperlukan. Kemudian, diperlukan sebagai informasi personil, data mungkin menyediakan up-to-date informasi personil.

Komputerisasi yang efektif akan terganggu ketika kemampuan personil yang menangani program lebih rendah/tidak dapat diandalkan untuk mengelola program. Poin penting yang terkait dengan komputerisasi yang efektif di Biro personil adalah struktur yang jelas dari program komputer dan dukungan profesional yang disediakan oleh atasan. Profesional berarti bahwa pemimpin/atasan adalah mereka yang selalu mendasarkan keputusan mereka yang dibuat berdasarkan prinsip umum. Ini berarti bahwa sebagian besar waktu mereka menekankan kepentingan bersama dan bersedia untuk mendengarkan aspirasi bawahan mereka. Dikatakan profesional sejak mereka menguasai sepenuhnya bidang mereka berdasarkan prestasi. Hal penting yang dimiliki orang profesional adalah sikap/dedikasi dan komitmen yang tinggi.

Tiga variabel (yaitu kemampuan personil, struktur dan pemimpin profesionalisme) sebagian besar mempengaruhi program komputerisasi dilaksanakan di Biro personil. Singkatnya, komputerisasi yang efektif di Biro personil dapat diimplementasikan dengan baik ketika didukung oleh tiga faktor yang disebutkan dan bahkan faktor lainnya.

Kata kunci : Efektifitas Komputerisasi, Biro kepegawaian.

Full Text:

PDF

References


Anderson, Allan H. & Anna Kyprianov, 1994, Effective Organizational Behaviour: A Skills and Activity-Based Approach, oxford: Blackwell publishers.

Arikunto, Suharsimi, 1996, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Banner, David K. & T. Elaine Gagne, 1995, Designing Effective Organizations : Traditional & Transformational Views, Sage Publications,Inc., California.

Bernadin,H.John & Joyce E.A.Russel, 1998, Human Resource Management : An Experiential Approach, Mc. Graw Hill Companies, Inc., Singapore.

Covey, Stephen R., 1994, 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif (The Seven Habits of Highly Effective People), Binarupa Aksara, Jakarta.

Effendy, O.U., 1989, Sistem Informasi Manajemen, cet. III, Mandar Maju, Bandung.

Fitzsimmons, James A., Mona AF., 1994, Service Management for Competitive Advantage, Mc Graw Hill, London.

Gibson, J.L., Ivancevich, J.M. dan Donnely Jr.,J.H.,1990, Organisasi dan Manajemen: Perilaku, Struktur, dan Proses, Ed.IV, Erlangga, Jakarta.

Gondodiyoto, S.,1992, Pengantar Komputer dan Komputerisasi, Elek Media Komputindo, Jakarta.

Hague, Paul, 1993, Merancang Kuesioner, PT.Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Jones, G.R.,2001, Organizational Theory: Text and Case, Third Edition, Prentice Hall International, Inc.

Kumorotomo,W. dan Subando, A.M., 2001, Sistem Informasi manajemen, cet.IV, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Lubis, S.B.H. dan Huseini, M., Teori Organisasi, Pusat Antar Universitas Ilmu-ilmu Sosial Universitas Indonesia.

Rusmady, D., 1986, Manusia dan Komputer, Sinar Baru, Bandung.

Scott, G.M., 1994, Prinsip-prinsip Sistem informasi Manajemen, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Siagian, S. P., 1993, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

,1994, Filsafat Administrasi, Haji Masagung, Jakarta.

, 1994, Patologi Birokrasi, Ghalia Indonesia, Jakarta.

, 1990, Sistem Informasi untuk Pengambilan Keputusan, Haji Masagung, Jakarta.

Singarimbun, M. dan Effendi, S.(editor), 1989, Metode Penelitian Survei, LP3ES, Jakarta.

Soetopo, 1999, Pelayanan Prima, LAN RI, Jakarta.

Steers, R.M., 1985, Efektivitas Organisasi: Kaidah Perilaku, cet.II, Erlangga, Jakarta.

Sugandha, D., 1991, Koordinasi: Alat Pemersatu Gerak Administrasi, Intermedia, Jakarta.

Sugiyono, 1998, Metode Penelitian Administratif, Rineka Cipta, Jakarta.

Syamsi, I., 1995, Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi, hal.100-110, Bumi Aksara, Jakarta.

Tanutama, L., 1995, Jaringan Komputer, Elek Media Komputindo, Jakarta.

Tayibnapis, Burhannudin, A.,1995, Administrasi Kepegawaian; Suatu Tinjauan Analitis, Pradnya Paramita, Jakarta.

Toha, M., 1985, Administrasi Kepegawaian di Daerah, Gramedia, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.