PENGENALAN APLIKASI BELAJAR ONLINE DI TENGAH MASA PANDEMI PADA KELOMPOK BELAJAR IKHTIARI PALEMBANG

Nining Ariati, Yulia Andriani

Abstract


Munculnya pandemi virus Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar pada bidang pendidikan, sehingga menuntut perlunya dilakukan perubahan metode dalam mengajar. Pandemi yang melanda selama hampir satu tahun ini membuat sekolah-sekolah diliburkan. Kegiatan belajar mengajar yang semula dilakukan secara tatap muka di sekolah, harus dialihkan dari rumah masing-masing melalui berbagai aplikasi virtual. Para siswa dan guru harus beradaptasi agar bisa membiasakan diri melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring (online). Belajar online bersifat fleksibel dan lebih mudah diakses. Namun, di sisi lain metode ini juga mengurangi interaksi anara siswa dan guru. Keadaan seperti ini menuntut para guru untuk lebih selektif dan kreatif dalam memilih metode apa yang akan digunakan dan diterapkan kepada siswa, sehingga siswa tidak merasa cepat bosan ketika menerima materi dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Ada beberapa aplikasi online yang bisa digunakan untuk membantu dan mempermudah para guru dalam meyampaikan materi kepada siswa antara lain Rumah Belajar, Google Clasroom dan Quizizz. Hal ini tentunya tidak mudah dan tidak seefektif dengan belajar secara langsung (tatap muka). Namun, demi alasan kesehatan dan meminimalisir terbentuknya klaster baru penyebaran covid-19 mau tidak mau kegiatan ini harus dilakukan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pada Kelompok Belajar Ikhtiari yang merupakan kelompok belajar yang terbentuk secara tidak sengaja dikarenakan mereka adalah teman sepermainan dan memiliki rumah masing- masing yang saling berdekatan. Pelatihan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan siswa kelompok belajar Ikhtiari dalam menggunakan aplikasi belajar online, yaitu Rumah Belajar, Google Classroom dan Quizizz sekaligus meningkatkan keterampilan di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Kata kunci : rumah belajar, google classroom, quizizz, pandemi


Full Text:

PDF

References


Fazriyah, N., Cartono, & Awangga, R. M. (2020). 1 Nurul Pendahuluan Pembelajaran Masa Kini Terus Mengalami Inovasi , Sesuai Dengan Dinamisnya Tuntutan Kompetensi Abad 21 . Perubahan Paradigma Cara Belajar Siswa Yang Berbeda Dibandingkan Masa Sebelumnya . Banyak Pekerjaan Rumah Yang Harus Diselesaikan G. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 8(2), 199– 204.

Utami, Y. P., & Dewi, P. S. (2020). Model Pembelajaran Interaktif SPLDV Dengan Aplikasi Rumah Belajar. Mathema Journal, 2(1), 24–31.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur, SBN 978-60, 513–521. Http://Hdl.Handle.Net/11617/9144

Wilson, A., & Informatika, P. S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) Melalui Aplikasi Berbasis Android Saat Pandemi. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 66–72.

Yulia Isratul Aini. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu.Kependidikan, 2(25).




DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jam.v4i2.1271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.