PENGELOLAAN KEUANGAN BAGI PARA PELAKU USAHA HOME INDUSTRY SAAT PANDEMI COVID-19

Authors

  • Patmawati Patmawati Universitas Sriwijaya
  • Meita Rahmawati Universitas Sriwijaya
  • Sri Maryati Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v5i1.1503

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan membantu mengelola keuangan bagi para pelaku usaha home industry sebagai dampak dari adanya pandemi covid-19 sehingga mengharuskan beberapa pelaku usaha terpaksa harus melakukan pemutusan kerja demi keberlangsungan usaha supaya terhindar dari gulung tikar, serta memberi pelatihan dalam menentukan harga jual, pembuatan laporan pembelian dan penjualan, serta membantu menghitung laba yang diinginkan serta melakukan pelatihan penyusunan laporan keuangan secara sederhana. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah observasi, pemaparan materi dan praktek pelatihan mengenai pengelolaan keuangan yang baik. Sasaran khalayak dalam kegiatan pengabdian ini adalah para pelaku usaha home industry yang ada di Kota Palembang berjumlah 10 jenis usaha home industry yang diikuti oleh masing-maisng 3 orang perwakilan pengelola home industry  khususnya industri songket. Kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan protokol kesehatan guna mencegah penularan covid-19. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah para peserta mampu menentukan harga jual produk secara tepat, mampu membuat laporan pembelian dan laporan penjualan, mampu menentukan laba yang diinginkan secara tepat dan akurat serta mampu menyusun laporan keuangan yang diharapkan dapat memudahkan bagi para pelaku usaha menjalankan usahanya dengan lebih baik supaya bisa lebih maju dan berkembang kedepannya.

Kata kunci: home industry, pandemi Covid-19, pengelolaan keuangan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Patmawati Patmawati, Universitas Sriwijaya

Program studi Akuntansi 

Meita Rahmawati, Universitas Sriwijaya

Program studi Akuntansi 

Sri Maryati, Universitas Sriwijaya

Program studi Akuntansi 

References

Kasmir, Penghantar Manajemen Keuangan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010

Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi kesebelas. PT Indeks Gramedia : Jakarta.

Republik Indonesia. 2008. Undang-undang nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Tambahan Lembaran Negara RI Tahun 2008 No.4866. Sekretariat Negara Jakarta.

Sujarweni V. Wiratna, (2015), Akuntansi Manajemen Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Downloads

Published

2021-06-09

How to Cite

Patmawati, P., Rahmawati, M., & Maryati, S. (2021). PENGELOLAAN KEUANGAN BAGI PARA PELAKU USAHA HOME INDUSTRY SAAT PANDEMI COVID-19. Jurnal Abdimas Mandiri, 5(1). https://doi.org/10.36982/jam.v5i1.1503

Issue

Section

Articles