PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA ANGGOTA KOPERASI UMKM JUARA KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Ina Ratnasari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Anggi Pasca Arnu Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hannie Hannie Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v5i1.1823

Abstract

Pandemi Covid 19 telah membawa persoalan besar khususnya bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Banyak pelaku UMKM yang mengalami penurunan pendapatan bahkan sampai harus menutup usaha karena semakin terbatasnya gerak penjualan secara langsung. Oleh karena itu dibutuhkan usaha yang bisa menjadi solusi agar UMKM tetap dapat bertahan. Pemanfaatan teknologi informasi yang dapat memfasilitasi agar UMKM bisa berjualan secara online saat ini diperlukan, namun terbatasnya kemampuan dan keterampilan dalam penggunaan teknologi menjadi hambatan UMKM untuk melaksanakannya. Koperasi UMKM Juara Karawang (KUJK) merupakan salah satu koperasi yang mewadahi UMKM yang mempunyai produk sendiri saat ini mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnis mereka. Digital Marketing diharapkan dapat menjadi solusi agar pelaku UMKM dapat menjual produk secara online sehingga transaksi dapat tetap terjadi. Kegiatan Abdimas difokuskan pada pelatihan pemanfaatan media digital khususnya sosial media dan marketplace serta strategi dalam melaksanakan pemasaran secara online Dengan abdimas ini anggota koperasi dapat mempunyai keterampilan menjalankan pemasaran digital serta diharapkan juga terjadi transformasi bisnis dari konvensional menjadi modern dan dapat mengakses pasar yang lebih luas khususnya bagi anggota koperasi..

Kata kunci : Pemasaran Digital, Pelatihan UMKM, UMKM Juara, Koperasi UMKM Juara Karawang

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ina Ratnasari, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Manajemen

Anggi Pasca Arnu, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Manajemen

Hannie Hannie, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Sistem Informatika

References

Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS.

Arifuddin, R. R. (2018). Pengaruh Personal Selling dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi PT. QBE General Insurance Indonesia Cabang Makasar. Jurnal Holistik, 2, 227–249.

Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). E-marketing Excellence: Planning and Optimizing Your Digital Marketing. Routledge.

Darmawan, M. H. (2012). Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Pada Perusahaan Jasa Pelaksana Kontruksi CV. Meidika Jaya Di Karanganyar.

ES Purwana, D. et al. (2017). Pemanfaatan Digital Marketingbagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Madani (JPMM), 1, No.1, 1–17.

Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing.

Khan, F., & Siddiqui, K. (2013). The Importance of Digital Marketing: An Exploratory Study to Find The Perception and Effectiveness of Digital Marketing amongst The Marketing Proffesionals in Pakistan. Journal of Information Sytems and Operations Management, 1–8.

Puspasari, Novita et al. (2016). Adopsi E-Marketing oleh Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Banyumas. Universitas Jenderal Soedirman.

Stockdale, R., Ahmed, A., & Scheepers, H. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Inforamtion System Electronic Library.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia.

Downloads

Published

2021-07-30

How to Cite

Ratnasari, I., Arnu, A. P., & Hannie, H. (2021). PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA ANGGOTA KOPERASI UMKM JUARA KABUPATEN KARAWANG. Jurnal Abdimas Mandiri, 5(1). https://doi.org/10.36982/jam.v5i1.1823

Issue

Section

Articles