PELATIHAN LAPORAN KEUANGAN DALAM MENUNJANG UMK YANG BANKABLE

Authors

  • Liliana Liliana Universitas Sriwijaya
  • Dhea Tri Meilan Universitas Sriwijaya
  • Siti Rohima Universitas Sriwijaya
  • Rizqi Maulidia Safitri Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v5i2.1836

Abstract

Kemajuan perekonomian tidak lepas dengan adanya sektor perbankan yang ikut dalam memajukan sektor-sektor perekonomian terutama dalam hal sektor ekonomi. Munculnya covid 19 sangat membawa pengaruh terhadap para pelaku usaha Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Indonesia, terutama di Kota Palembang sehingga menurunnya profit UMK dan modal UMK yang terus berkurang. Usaha UMK dapat tetap berkembang dan maju dapat dilakukan dengan membuat usaha yang dimiliki oleh masyarakat bankable dengan tujuan agar perbankan dapat membantu atas majunya usaha masyarakat. Pelaku UMK memiiki kendala terkait laporan keuangan karena masyarakat banyak yang belum memahami tata kelola laporan keuangan secara baik. Laporan keuangan sangat penting dalam meningkatkan kemajuan usaha para pelaku UMK, dengan membuat laporan keuangan usaha masyarakat lebih tersusun dan bisa menjadi bankable untuk mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan lainnya. Model kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode pembinaan keterampilan melalui pelatihan. Hasil kegiatan yang dilakukan ialah peserta telah memahami materi mengenai laporan keuangan, diharapkan juga peserta mampu mengaplikasikan untuk membuat laporan keuangan dalam menunjang usaha pelaku UMK.

 Kata Kunci : UMK, Covid 19, Laporan Keuangan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Liliana Liliana, Universitas Sriwijaya

Program Studi Ekonomi Pembangunan

Dhea Tri Meilan, Universitas Sriwijaya

Program Studi Ekonomi Pembangunan

Siti Rohima, Universitas Sriwijaya

Program Studi Ekonomi Pembangunan

Rizqi Maulidia Safitri, Universitas Sriwijaya

Program Studi Ekonomi Pembangunan

References

Kansil, D., Murni, S., & Tulung, J. E. (2017). Pengaruh Risiko Perbankan Terhadap Kinerja Keuangan Tahun 2013-2015 (Bank Pembangunan Daerah Se-Indonesia). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 3508.

Prakorso, J. P. (2018). Mengapa UMKM Daerah Sulit Berkembang?

Rayyani, W. O., Abdi, M. N., Winarsi, E., Warda, E. (2020). Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Optimalisasi Penyusunan Laporan Keuangan. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(2), 97–1.

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Liliana, L., Meilan, D. T., Rohima, S., & Safitri, R. M. (2021). PELATIHAN LAPORAN KEUANGAN DALAM MENUNJANG UMK YANG BANKABLE. Jurnal Abdimas Mandiri, 5(2). https://doi.org/10.36982/jam.v5i2.1836

Issue

Section

Articles