PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA ERA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS USAHA MIKRO DI DESA KERINJING, OGAN ILIR

Authors

  • Wita Farla Universitas Sriwijaya
  • Zunaidah Zunaidah Universitas Sriwijaya
  • Welly Nailis Universitas Sriwijaya
  • Lina Dameria Siregar Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v6i1.2075

Abstract

Usaha mikro merupakan bagian dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat menjadi salah satu kegiatan yang dapat memberikan andil dalam perekonomian masyarakat yang salah satunya adalah masyarakat desa. Usaha mikro saat ini masih menghadapi beberapa permasalahan diantaranya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki dan kemampuan manajemen usaha. Usaha mikro yang dimiliki oleh masyarakat desa hendaknya dapat berkembang dengan baik. Pada era digital saat ini, salah satu penghambat berkembangnya usaha mikro adalah kurang tersedianya SDM yang dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas usaha. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan pengetahuan kepada para pelaku usaha mikro di Desa Kerinjing, Ogan Ilir mengenai perencanaan SDM khususnya dalam memasuki era digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan metode atau model pemberdayaan masyarakat. Pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi hasil kegiatan. Kesimpulan yang diambil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah para pelaku usaha mikro yang ada di Desa Kerinjing, Ogan Ilir masih perlu dilakukan pembinaan mengenai pengelolaan usaha khususnya yang terkait dengan pengelolaan dan perencanaan SDM pada era digital.

Kata kunci: usaha mikro, perencanaan SDM, era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wita Farla, Universitas Sriwijaya

Program Studi Manajemen

Zunaidah Zunaidah, Universitas Sriwijaya

Program Studi Manajemen

Welly Nailis, Universitas Sriwijaya

Program Studi Manajemen

Lina Dameria Siregar, Universitas Sriwijaya

Program Studi Manajemen

References

Chakraborty, D., & Biswas, W. (2019). Evaluating the impact of human resource planning programs in addressing the strategic goal of the firm: An organizational perspective. Journal of Advances in Management Research. https://doi.org/10.1108/JAMR-01-2019-0007

Dessler, G. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resource Management) (14th ed.). Salemba Empat-Pearson.

Edeh, F. O., & Eketu, A. (2017). Human resource planning and organisational sustainability: A study of selected telecommunication firms in Rivers State. International Journal of Social Sciences and Management Research.

Hasibuan, M. S. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Bumi Aksara.

Jackson, S., Schuler, R., & Werner, S. (2011). Pengeloaan Sumber Daya Manusia (Managing Human Resources) (10th ed.). Salemba Empat-Cengage Learning.

Mondy, R. W., & J. Martocchio. (2016). Human Resource Management.

Nursam, N. (2017). Manajemen Kinerja. Kelola: Journal of Islamic Education Management. https://doi.org/10.24256/kelola.v2i2.438

Terttiaavini, T., Sofian, S., & Saputra, T. S. (2021). Pendampingan Penyusunan Program Rencana Kerja Badan Usaha Milik Desa Dalam Rangka Optimalisasi Potensi Desa Serijabo Ogan Ilir Sumatera Selatan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3536-3546.

Widjaja, Y. R., Alamsyah, D. P., Rohaeni, H., & Sukajie, B. (2018). Peranan Kompetensi SDM UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor, Sumedang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Wulansari, N. A., Ranihusna, D., & Maftukhah, I. (2015). Strategi Perencanaan Sdm Untuk Peningkatan Daya Saing Umkm Batik Semarang. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers Unisbank (Sendi_U).

Downloads

Published

2022-04-07

How to Cite

Farla, W., Zunaidah, Z., Nailis, W., & Siregar, L. D. (2022). PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA ERA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS USAHA MIKRO DI DESA KERINJING, OGAN ILIR. Jurnal Abdimas Mandiri, 6(1). https://doi.org/10.36982/jam.v6i1.2075

Issue

Section

Articles