PELATIHAN DESAIN KEMASAN DAN PEMASARAN PADA PRODUK-PRODUK UMKM DI KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Ina Ratnasari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Anggi Pasca Arnu Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hannie Hannie Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v6i1.2078

Abstract

Kemasan merupakan kunci bagi produk untuk menjual dan memiliki nilai tambah. Sehingga, UMKM perlu melalukan inovasi terutama pada kemasan seperti perubahan desain, bahan, dan warna. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini. Diharapkan dosen maupun mahasiswa dapat melakukan salah satu tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Dapat memberikan fasilitas kepada masyarakat tentang cara melakukan inovasi pada kemasan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini peserta khususnya pelaku UMKM dapat menerapkan inovasi pada kemasan produk mereka, sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan bersaing secara global. Jika desain kemasan produk menarik, maka akan mendukung produk untuk lebih laku. Hal ini bisa membuat para pelaku UMKM mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Sasaran dalam kegiatan pegabdian masyarakat ini ditujukan kepada UMKM di Kabupaten Karawang untuk memberikan pengetahuan dalam melakukan inovasi desain pada kemasan produk. Selain itu dalam kegiatan abdimas ini, para UMKM juga diberikan pengetahuan dan cara-cara melakukan pemasaran secara digital dalam rangka medukung kegiatan bisnis mereka.

Kata kunci : Kemasan, Inovasi Kemasan, Pelatihan UMKM, UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ina Ratnasari, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Manajemen

Anggi Pasca Arnu, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Manajemen

Hannie Hannie, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Sistem Informatika

References

Christensen, C. M. (2006). The Ongoing Process of Building Theory of Disruption. Journal of Product Innovation Management, vol. 23, pp. 39–55.

Hadad, M. D. (2017). Financial Technology (Fintech) di Indonesia. In Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Hart, S.L., & Christensen, C. . (2002). The great leap driving innovation from the base of the pyramid. MIT Sloan Management Review.

Lettice, F., & Thomond, P. (2002). Disruptive innovation explored. In Concurrent Engineering: Research and Applications.

Markides, C. (1999). A dynamic view of strategy. Sloan Management Review, vol. 40, no. 3, pp. 55–63.

Morris, L. (2013). Three Dimensions of Innovation. Internasional Management Review, 9 no., 5–10.

Widiati, A. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di “Mas Pack†Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit Dan Akuntasi, vol.8, no. 2, pp. 67–76.

Downloads

Published

2022-04-07

How to Cite

Ratnasari, I., Arnu, A. P., & Hannie, H. (2022). PELATIHAN DESAIN KEMASAN DAN PEMASARAN PADA PRODUK-PRODUK UMKM DI KABUPATEN KARAWANG. Jurnal Abdimas Mandiri, 6(1). https://doi.org/10.36982/jam.v6i1.2078

Issue

Section

Articles