PELATIHAN PROMOSI TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) DI PADANGPANJANG: MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL SECARA KREATIF DI MASA PANDEMI

Authors

  • Fresti Yuliza Akademi Pariwisata Paramitha Bukittinggi
  • Rina Armeniza Aziz Akademi Pariwisata Paramitha Bukittinggi
  • Dede Pramayoza Institut Seni Indonesia Padangpanjang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v6i2.2328

Abstract

Berbagai Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Kota Padangpanjang masih menghadapi kendala promosi, di mana masyarakat sekitar belum mengetahui dengan baik tentang koleksi, program, dan manfaat dari keberadaan TBM. Kegiatan Pengabdian Masyarakat (Abdimas) bertajuk “Strategi Promosi TBM 2020†adalah program Kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Padangpanjang dengan ISI Padangpanjang dan Akpar Paramitha Bukittinggi. Kegiatan Abdimas ini bertujuan untuk mendesiminasikan strategi promosi sederhana dengan memanfaatkan media sosial kepada TBM di Padangpanjang. Cara promosi yang diterapkan adalah pemanfaatan Media Sosial, dengan dua alasan, yakni: pertama, biaya murah dan cepat; dan kedua, situasi pandemi. Perancangan strategi TBM diawali dengan Diskusi Kelompok Terpumpun bersama pengelola TBM untuk memahami prinsip-prinsip promosi, dilanjutkan dengan proses pemetaan bersama tentang potensi promosi yang dimiliki, evaluasi diri sebagai dasar promosi, praktik dan pendampingan perancangan materi promosi dan penyusunan strategi promosi, dan diakhiri dengan diskusi tentang pengembangan promosi TBM yang dapat dilakukan, antara lain dengan membangun TBM sebagai tempat rekreasi keluarga, mengembangkan edu-wisata, dan atau mengembangkan eko-wisata.

Kata kunci: Taman Bacaan Masyarakat, Padangpanjang, strategi promosi, media social, pandemi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fresti Yuliza, Akademi Pariwisata Paramitha Bukittinggi

Program Studi Bina Wisata

Rina Armeniza Aziz, Akademi Pariwisata Paramitha Bukittinggi

Program Studi Bina Wisata

Dede Pramayoza, Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Program Studi Seni Teater

References

Arsah, K., & Nurrizati. (2018). Partisipasi Masyarakat Padang Panjang terhadap Kegiatan Literasi di Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang. Jurnal Lmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 7(1), 54–61. https://doi.org/10.24036/100917-0934

M. Misriyani, & Mulyono, S. E. (2019). Pengelolaan Taman Baca Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 160–172. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448

Pramayoza, D. (2018). Pengalaman di Pasa Harau: Kurasi Festival Sebagai Peranti Transformasi. In B. Isabella (Ed.), Unjuk Rasa: Seni, Performativitas, Aktivisme (pp. 209–225). Yayasan Kelola.

Pramayoza, D. (2020a). Diorama Kota Bahagia: Pandangpanjang dalam Esai. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang.

Pramayoza, D. (2020b). Memperbaharui Makna Perjumpaan: Festival dan Seni Pertunjukan di Tengah Pandemi. In D. K. Alka, H. Fansuri, & M. Nizar (Eds.), Wajah Kemanusiaan di Tengah Wabah: Percikan Pemikiran (pp. 243–257). Penerbit Quantum dan Jaringan Islam Berkemajuan.

Pramudyo, G. N., Ilmawan, M. R., Azizah, B., Anisah, M., & Deo, Y. (2018). Inovasi Kegiatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 4(1), 29–38. https://doi.org/10.14710/lenpust.v4i1.17332

Prasetia, H., & Pramayoza, D. (2020). Berkunjung ke Rumah Sendiri. Yayasan Umar Kayam.

Pusparini, G., Fathoni, T., & Gema Rullyana. (2018). Program Pelestarian Budaya Edutourism Pada Taman Baca Masyarakat Eco Bambu Cipaku (Edutourism Culture Conservation Program At Eco Bambu Community Reading Park). Jurnal Edulibinfo, 5(2), 1–15. http://ejournal.upi.edu/index.php/edulibinfo/article/view/14790/8415.

Puspitasari, L. F. (2019). Kebutuhan Program Eduwisata Taman Bacaan Masyarakat. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 119–127. https://doi.org/10.21831/diklus.v3i2.27279

Putri, N. E., Silfeni, & Ferdian, F. (2017). Strategi Promosi Melalui Media Periklanan Desa Wisata Kubu Gadang Kota Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 9(2), 113–121.

Qomariah, S., & Siswanto, H. (2018). Strategi Pemasaran Program Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Perkotaan Di TBM Taman Flora Kota Surabaya. J+Plus Unesa, 7(1).

Rahayu, R. R., & Nurislaminingsih, R. (2018). Analisis Kegiatan Outing sebagai Media Promosi di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Warung Pasinaon Kecamatan Bergas Kabuaten Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(1), 261–270.

Rahman, F. B., & Nelisa, M. (2018). Penerapan Program Kreatif Di Taman Bacaan Masyarakat Komunitas Togok Di Kelurahan Ganting Kota Padang Panjang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 7(1), 293–304. https://doi.org/10.24036/101008-0934

Sutisno, A. N., & Afendi, A. H. (2018). Penerapan Konsep Edu-Ekowisata Sebagai Media Pendidikan Karakter Berbasis Lingkungan. Jurnal Ecolab, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.20886/jklh.2018.2.1.1-11

Suwanto, S. A. (2017). Pengelolaan TBM Sebagai Sarana Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Anuva, 1(1), 19. https://doi.org/10.14710/anuva.1.1.19-32

Yuliza, F. (2020). Creativity of Art in Ramayana Sendratari As an Example of Transformation Process. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 22(2), 83–92. https://doi.org/10.26887/ekspresi.v22i2.1013

Yuliza, F., Saeui, V., Hasnah Sy., & Pramayoza, D. (2022). The Hybrid Persembahan Dance : Cross-Cultural Collaboration And Art Tourism In Pasa Harau Art And Culture Festival 2018. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 24(1), 32–49. https://doi.org/10.26887/ekspresi.v24i1.1576

Downloads

Published

2022-08-09

How to Cite

Yuliza, F., Aziz, R. A., & Pramayoza, D. (2022). PELATIHAN PROMOSI TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) DI PADANGPANJANG: MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL SECARA KREATIF DI MASA PANDEMI. Jurnal Abdimas Mandiri, 6(2). https://doi.org/10.36982/jam.v6i2.2328

Issue

Section

Articles