PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN PERSEDIAAN OBAT DI PUSKESMAS UNTUK MENGOPTIMALKAN LAYANAN KEPADA MASYARAKAT

Authors

  • Rendra Gustriansyah Indo Global Mandiri University
  • Fery Antony Universitas Indo Global mandiri
  • Nazori Suhandi Universitas Indo Global mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v1i1.282

Abstract

Puskesmas biasanya menyimpan obat-obatan di apotek sebelum diberikan/dijual kepada pasien. Penumpukan produk di apotek dapat mengurangi efisiensi apotek dan meningkatkan biaya yang terkait dengan persediaan, sehingga timbul permasalahan bagaimana memprediksi persediaan setiap obat dengan tepat agar dapat menghindari kelebihan/kekurangan persedian obat, serta bagaimana mempermudah proses pengelolaan persediaan obat di puskesmas. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sistem manajemen persediaan obat di puskesmas, agar tingkat akurasi prediksi persediaan obat lebih meningkat sehingga layanan dan kemudahan pengelolaan persediaan obat di puskesmas menjadi lebih optimal. Adapun metode yang dipakai dalam mencapai tujuan ini terdiri dari pengumpulan data, yang meliputi data obat masuk dan data obat keluar setiap hari, digitalisasi data, pengolahan basis data, pembuatan aplikasi, implementasi sistem, dan pelatihan penggunaan sistem manajemen persediaan obat, dengan target puskesmas dapat menjamin tersedianya obat yang tepat jenis, tepat jumlah, tepat mutu dan tepat waktu, sehingga menjadikan puskesmas semakin baik dari segi pelayanan terhadap masyarakat dan semakin sehat dari segi finansial.

Kata kunci : Manajemen, Prediksi, Persediaan, Obat, Puskesmas

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rendra Gustriansyah, Indo Global Mandiri University

Program Studi Teknik Informatika 

Fery Antony, Universitas Indo Global mandiri

Program Studi Sistem Komputer 

Nazori Suhandi, Universitas Indo Global mandiri

Program Studi Teknik Informatika 

References

Badan Pusat Statistik Kota Palembang. 2015. Statistik Daerah Kota Palembang, Statistik Kecamatan Ilir Timur I. Palembang: CV. Alief Media Grafika.

Gustriansyah, R., D.I. Sensuse, and A. Ramadhan. 2016. “Decision Support System for Inventory Management in Pharmacy Using Fuzzy Analytic Hierarchy Process and Sequential Pattern Analysis Approach.†In CONMEDIA 2015 - International Conference on New Media 2015,.

Gustriansyah, Rendra. 2017. “Analisis Metode Single Exponential Smoothing Dengan Brown Exponential Smoothing Pada Studi Kasus Memprediksi Kuantiti Penjualan Produk Farmasi Di Apotek.†In Seminar Nasional Teknologi Informasi & Multimedia, Yogyakarta, 6–11. http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1653.

Indonesia, Menteri Kesehatan Republik. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2014.

Indonesia, Pemerintah Republik. 2009. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009.

Published

2018-01-03

How to Cite

Gustriansyah, R., Antony, F., & Suhandi, N. (2018). PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN PERSEDIAAN OBAT DI PUSKESMAS UNTUK MENGOPTIMALKAN LAYANAN KEPADA MASYARAKAT. Jurnal Abdimas Mandiri, 1(1). https://doi.org/10.36982/jam.v1i1.282

Issue

Section

Articles