PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BERUPA WEB BASED APPLICATION PADA SEKTOR USAHA KECIL DAN MENENGAH

Authors

  • Ahmad Sanmorino Indo Global Mandiri University

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v1i1.283

Abstract

Perkembangan dibidang teknologi dan ilmu pengetahuan membuat sektor usah harus semakin peka dalam peningkatan kualitas sumber daya yang dimilikinya. Oleh karena itu untuk menyikapi fenomena tersebut perlu adanya tindak lanjut dari perusahaan sebagai upaya agar kemampuan yang dimiliki karyawannya tidak statis akan tetapi berkembang secara dinamis. Salah satunya dengan pemanfaatan teknologi informasi berupa aplikasi berbasis web. Langkah awal pemanfaatan teknologi informasi ini bisa dimulai denganpemberian pelatihan penggunaan aplikasi kepada para karyawan suatu perusahaan. Adapun yang menjadi tempat pelatihan pemanfaatan teknologi informasi pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sektor usaha kecil dan menengah yaitu perusahaan air bersih di Kelurahan Muara Dua Kota Prabumulih.Kegiatan pelatihan ini menjelaskan tentang manfaat penggunaan aplikasi pengolahan data berbasis web pada bidang usaha air bersih. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada para pekerja pada usaha air bersih di Kelurahan Muara Dua Kota Prabumulih tentang pemanfaatanaplikasi pengolahan data berbasis web untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi pengolahan air bersih.Berdasarkan pelatihan yang telah dilakukan, para pekerja sangat antusias dan tertarik untuk segera memanfaatkan teknologi informasi.

Kata kunci: Pemanfaatan, Teknologi Informasi, Sektor Usaha

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ahmad Sanmorino, Indo Global Mandiri University

Program Studi Sistem Informasi

References

Gustriansyah.G, Sensuse.D.I, Ramadhan.A, “Decision support system for inventory management in pharmacy using fuzzy analytic hierarchy process and sequential pattern analysis approach,†3rd International Conference on New Media (CONMEDIA), Tangerang, pp. 1-6, November 2015.

Gustriansyah.R, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Dengan Metode ANP dan TOPSIS, " Sentika, Yogyakarta, 2016.

Sanmorino. A, “Development of computer assisted instruction (cai) for compiler model: The simulation of stack on code generation,†International Conference on Green and Ubiquitous Technology (GUT), Jakarta, pp. 121-123, July 2012.

Sanmorino.A, “Clustering Batik Imagesusing Fuzzy C-Means Algorithm Based on Log-Average Luminance,†Computer Engineering andApplications, Vol. 1, No. 1, June 2012.

Sanmorino.A, Isabella, “Diagram Aliran Data dan Konsep Basis Data Sistem Informasi Manajemen Peternakan Broiler,†Jurnal Ilmiah Informatika Global, Vol. 8 No. 1, Juli 2017.

Sanmorino.A, Yazid.S, "A survey for handwritten signature verification," 2012 2nd International Conference on Uncertainty Reasoning and Knowledge Engineering (URKE), Jakarta, Indonesia, pp. 54-57, 2012.

Sanmorino.A, Yazid.S, "DDoS Attack Detection Method and Mitigation Using Pattern of the Flow,†IEEE International Conference of Information and Communication Technology, 2013.

Suhartanto.H, "Model Pemroses Bahasa Pemrograman Dengan tools berbasis Java, " Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2012.

Downloads

Published

2018-01-03

How to Cite

Sanmorino, A. (2018). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BERUPA WEB BASED APPLICATION PADA SEKTOR USAHA KECIL DAN MENENGAH. Jurnal Abdimas Mandiri, 1(1). https://doi.org/10.36982/jam.v1i1.283

Issue

Section

Articles