STRATEGI BRANDING USAHA KECIL INDUSTRI PEMPEK KELURAHAN 2 ULU DAN 26 ILIR PALEMBANG

Authors

  • Siti Komariah Hildayanti Indo Global Mandiri University

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v1i1.286

Abstract

Dewasa ini bisnis kuliner berkembang sangat pesat. Berdasarkan laporan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), sub sector bisnis kuliner memberikan kontribusi Rp. 209 trilyun atau sekitar  32.5% dari Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2016.  Sub sektor tersebut potensial untuk dikembangkan. Kota Palembang terkenal akan kuliner ‘Pempek’nya.  Pempek adalah produk konsumsi yang potensial dan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.  Sekarang ini bisnis Pempek menjamur di Kota Palembang . Produk ini diproduksi oleh berbagai tipe usaha mulai dari mikro, kecil, dan menengah (SMEs). Dalam program Iptek bagi Masyarakat (IbM) ini, dipilih mita usaha kecil Pempek Ita dan Pempek Lala.Kedua mitra memiliki potensi strategi merek (brand) untuk dikembangkan. Perhatian mitra terhadap merek sangat kurang, karena itu produk mitra menjadi lambat dikenal masyarakat luas.Tujuan dari program pendampingan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan merek (brand awareness) dan brand equity kedua mitra. Disamping itu, program ini juga mengaplikasikan strategi pemasaran dengan Point of Sale Material (POSM), desain label dan kemasan.Dengan strategi branding yang tepat, omzet penjualan berhasil meningkat 20 sampai 30 persen per bulannya sehingga meningkatkan hasil keuntungan kedua mitra. Melalui kegiatan ini brand awareness dan brand equity pelaku usaha kecil akan semakin tinggi dan dapat mempertahankan kelangsungan usahanya.

Kata kunci: Branding Strategy, Brand Awareness, Brand Equity.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Siti Komariah Hildayanti, Indo Global Mandiri University

Program Studi Magister Manajemen

References

Ali, Suparman. 2016. The Effect of Market Segmentation Strategy and Positioning on Customer and Its Impact on Customer Satisfaction on Sundanesse Restaurant in Bandung City. Journal of Marketing and Consumer Research. Vol. 21:1-13.

Belch, George, E., Belch, Michael, A. 2001. Advertising and Promotion. An Integrated Marketing Communication Perspective. Fifth Edition. McGraw-Hill Higher Education. New York.

Chen, Hui-Chu., Green, D., Robert.Brand equity, marketing strategy, and consumer income: A hypermarket study. Journal of Management and Marketing Research.

Fouladivanda, Firoozeh., Pashandi, Amini., Maryam,Hooman,Alireza.,Zahra,Khanmohammadi. The Effect of Brand Equity on Consumer Buying Behavior in Term of FMCG in Iran. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research In Business. 2013. 4 (9):945-957.

Kotler, Philip., Amstrong, Gary. 2014. Principles of Marketing. Fithteenth Edition. Pearson Education Limited. England.

Lee, Chai., Goi and Leh, Yew., Chieng., Fayrene. 2011. Dimensions of Customer-Based Brand Equity: A Study on Malaysian Brands. Journal of Marketing Research and Case Studies. 2011:1-10.

Maurya, Kumar., Upendra, Mishra, P. 2012. What is a brand? A Perspective on Brand Meaning. European Journal of Business and Management. 4 (3):122-133.

Pullig,Chris. 2008. What is Brand Equity and What Does the Branding ConceptMean to You?Baylor University. Waco - Texas.

Thomas, Brychan., Miller, Christoper., Murphy, Lyndon. 2011. Innovation and Small Business. Volume 1. Bookboon.com

Whaly, Andrew.2010.StrategicMarketing. First Edition. Bookboon.com

Zhang,Yi. 2015. The Impact of Brand Image on Consumer Behavior: A Literature Review. Open Journal of Business and Management, (3): 58-62.

Downloads

Published

2018-01-03

How to Cite

Hildayanti, S. K. (2018). STRATEGI BRANDING USAHA KECIL INDUSTRI PEMPEK KELURAHAN 2 ULU DAN 26 ILIR PALEMBANG. Jurnal Abdimas Mandiri, 1(1). https://doi.org/10.36982/jam.v1i1.286

Issue

Section

Articles