STRATEGI PENGEMBANGAN SONGKET IBU NILAU DALAM USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN SONGKET DI KECAMATAN TANJUNG BATU

Yopi Yunsepa

Abstract


Strategi pengembangan produk pada Usaha Kerajinan Songket Ibu Nilau di Kecamatan Tanjung Batu Ogan Ilir belum di jalankan. Akan tetapi penerapan pengembangan produk bukanlah suatu hal yang mudah. Meskipun keuntungan yang ditawarkan pada penerapan pengembangan Produk begitu besar dan cukup menjanjikan, namun kendala yang harus dihadapi dalam penerapannya sangat besar pula. Tuntutan pengembangan songket pada Usaha Kerajinan Songket Ibu Nilau di Tanjung Pinang Ogan Ilir,  akibat terjadi penurunan penjualan pada beberapa tahun. Pelaksanaan pengembangan produk membutuhkan tenaga kerja (SDM) yang cukup ahli di bidangnya. Hal inilah yang menjadi pada Usaha Kerajinan Songket Ibu Nilau di Tanjung Pinang Ogan Ilir dalam menerapkan strategi pengembangan produk.Volume penjualan songket  Usaha Kerajinan Songket Ibu Nilau di Kecamatan Tanjung Batu Ogan Ilir ini selalu mengalami penurunan dalam setiap tahunnya, dan ini dapat dilihat dari volume penjualan yang dicapai selama lima tahun terakhir. Hal ini dikarenakan perusahaan tidak ada inovasi baru dalam melakukan pengembangan produk yang diproduksi.Untuk mengatasi permasalahan ini semua, tentunya kelemahan-kelemahan ini harus diatasi, seperti produksi dengan corak yang beragam sesuai dengan trend terkini, promosi dan pemasaran yang efektif serta kualitas danharga yang mampu bersaing.

Kata kunci:Strategi Pengembangan Produk, Proses Produksi dan  Volume Penjualan


Full Text:

PDF

References


Basu Swasta. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Revisi. Yogyakarta:Penerbit BPFE.

Heizer, Jay dan Render, barry. 2009. Manajemen Operasi. Edisi kesembilan.Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Murti Sumarni. 2005. Metodologi Penelitian Bisnis. Penerbit CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Rukminto, Adi, Isbandi. 2004. Pemberdayaan Pengembangan Masyarakat dan Investasi Komunitas, F.E. Universitas Indonesia. Jakarta.

Sofyan, Assauri. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, cetakan Ketujuh, Penerbit PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Supardi. 2005. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Cetakan pertama.Penerbit UII Press.Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jam.v1i1.290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.