PENINGKATAN PEMASARAN MELALUI PACKAGING INNOVATION USAHA MIKRO DAN KECIL DI KOTA PALEMBANG

Authors

  • Siti Komariah Hildayanti Universitas Indo Global Mandiri
  • Juhaini Alie Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v2i1.462

Abstract

Dewasa ini sektor usaha mikro, kecil, dan menengah berkembang sangat pesat.  Sub sektor usaha mikro dan kecil yang potensial untuk dikembangkan adalah bisinis kuliner.  Kota Palembang terkenal akan kuliner ‘Pempek’nya.  Pempek adalah produk konsumsi yang potensial dan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.  Sekarang ini bisnis Pempek menjamur di Kota Palembang . Produk ini diproduksi oleh berbagai tipe usaha mulai dari mikro, kecil, dan menengah (SMEs).

Dalam program ini, dipilih mitra usaha kecil Pempek yang ada di kawasan sentra Pempek 26 Ilir dan 2 Ulu Palembang.  Mitra usaha memiliki potensi untuk dikembangkan.  Sama halnya dengan pengusaha pempek lainnya, perhatian mitra terhadap kemasan sangat kurang.

Tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pembaharuan kemasan (packaging innovation).

Dengan penggunaan kemasan yang lebih menarik diharapkan omzet penjualan berhasil ditingkatkan sehingga meningkatkan hasil keuntungan para pengusaha.

Kata kunci: kemasan, pembaharuan, packaging inovasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Komariah Hildayanti, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Magister Fakultas Ekonomi

Juhaini Alie, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Sistem Informasi

References

Ali, Suparman. 2016. The Effect of Market Segmentation Strategy and Positioning on Customer and Its Impact on Customer Satisfaction on Sundanesse Restaurant in Bandung City. Journal of Marketing and Consumer Research. Vol. 21:1-13.

Fouladivanda, Firoozeh., Pashandi, Amini., Maryam,Hooman,Alireza.,Zahra,Khanmohammadi. The Effect of Brand Equity on Consumer Buying Behavior in Term of FMCG in Iran. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research In Business. 2013. 4 (9):945-957.

Kotler, Philip., Amstrong, Gary. 2014. Principles of Marketing. Fithteenth Edition. Pearson Education Limited. England.

Thomas, Brychan., Miller, Christoper., Murphy, Lyndon. 2011. Innovation and Small Business. Volume 1. Bookboon.com

Whaly, Andrew. 2010. StrategicMarketing. First Edition. Bookboon.com

Zhang,Yi. 2015. The Impact of Brand Image on Consumer Behavior: A Literature Review Open Journal of Business and Management, (3): 58-62.

https://www.wartaekonomi.co.id/read169696/ada-asian-games-ekonomi-palembang-diprediksi-melejit-jadi-6.html diakses 9 Agustus 2018

http://sumsel.tribunnews.com/2013/08/04/bisnis-pempek-tembus-rp-15-m diakses 9 Agustus 2018

Downloads

Published

2018-08-14

How to Cite

Hildayanti, S. K., & Alie, J. (2018). PENINGKATAN PEMASARAN MELALUI PACKAGING INNOVATION USAHA MIKRO DAN KECIL DI KOTA PALEMBANG. Jurnal Abdimas Mandiri, 2(1). https://doi.org/10.36982/jam.v2i1.462

Issue

Section

Articles