PENINGKATAN KREATIVITAS KELOMPOK PKK DUSUN KABUN BARU KEC. LUBUK ALUNG MELALUI PELATIHAN SULAMAN

Authors

  • Yulimarni Yulimarni FSRD ISI Padangpanjang
  • Nofi Rahmanita FSRD ISI Padangpanjang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v2i2.526

Abstract

Pelatihan sulaman diberikan kepada kelompok PKK dusun Kabun Baru Balah Hilir Kecamatan Lubuk Alung. Pelatihan bertujuan untuk mengembangkan danmeningkatkan kreativitas kelompok PKK di bidang ketrampilan danmengenalkan lebih dalam tentang sulaman, sebagai bentuk pelestarian kerajinan tradisional. Permasalahan yang dihadapi kelompok PKK adalah minimnya pengetahuan kelompok PKK di bidang ketrampilan, mengakibatkan program PKK di bidang ketrampilan khususnya di bidang kerajinan kurang berjalan. Dan umumnya kelompok PKK belum pernah mendapatkan pelatihan ketrampilan khususnya tentang sulaman.

Untuk memecahkan permasalahan tersebut, maka pengabdian dilakukan melalui metode ceramah, demontrasi dan pelatihan/ praktek. Berdasarkan dari rangkaian kegiatan pengabdian yang telah dilakukan peserta telah mampu membuat sulaman dan mengaplikasikan teknik sulam pada berbagai media, dan dengan pengetahuan dan kreatifitas yang dimiliki kelompok PKK mampu mengembangkan ilmu kertampilan yang diperoleh kepada ibu-ibu dan remaja putri yang ada di sekitar dusun Kabun Baru dan kecamatan Lubuk Alung secara luas, sehingga diharapkan nantinya dapat melahirkan industri-industri rumah tangga dengan demikian tujuan PKK untuk mensejahterakan keluarga dapat dicapai.

Kata kunci: kreativitas, sulaman, produk

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yulimarni Yulimarni, FSRD ISI Padangpanjang

Program Studi Seni Kriya

Nofi Rahmanita, FSRD ISI Padangpanjang

Program Studi Seni Kriya

References

Aswar, Sativa Sutan, 1999, Antakesuma Suji Dalam Adat Minangkabau, Djambatan, Jakarta.

Buku Rakernas PKK, 2015, https://tppkk-pusat.org, diunduh tanggal 29 Agustus 2018 jam 10.00 WIB.

Fitri, 2013, Kerajinan Sulaman di Nagari Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota, E-Journal Home Economic and Tourism, Vol. 4 (No. 3).

Suherno, Hery, 2004, Desain Motif, Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara, Jakarta.

Soemantri, V. M. Bambang, 2005, Tusuk Sulam Dasar, IKPI, Jakarta.

Yulimarni & Nofi Rahmanita, 2017, Kain Perca sebagai Media Kreasi PKK di Nagari Sungai Abang Kecamatan Lubuk Alung, Batoboh: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, Vol. 3 (No.2), Hal. 121.

Zulkarnaen, Yossi, 2006,Sulam Benang untuk Pemula,Puspa Swara, Jakarta.

______________, 2010,Sulaman Kombinasi Aneka Motif, Kriya Pustaka, Jakarta.

Downloads

Published

2018-12-10

How to Cite

Yulimarni, Y., & Rahmanita, N. (2018). PENINGKATAN KREATIVITAS KELOMPOK PKK DUSUN KABUN BARU KEC. LUBUK ALUNG MELALUI PELATIHAN SULAMAN. Jurnal Abdimas Mandiri, 2(2). https://doi.org/10.36982/jam.v2i2.526

Issue

Section

Articles